Pembukaan Latsitarda Nusantara XLIV/2024 di Balikpapan Dimeriahkan Aksi Drum Band Para Taruna

Pembukaan Latsitarda Nusantara XLIV/2024 di Balikpapan Dimeriahkan Aksi Drum Band Para Taruna

Kirab drumband oleh para Taruna dan Taruni gabungan, di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, pada acara pembukaan Latsitarda Nusantara, Senin (6/5/2024). -chandra/disway-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Ribuan Taruna dari berbagai Akademi Militer dan sipil berkumpul di Lapangan Merdeka Balikpapan, untuk mengikuti acara pembukaan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitarda) XLIV/2024. 

Acara pembukaan ini dihadiri oleh para pejabat tinggi TNI dan Polri, serta Forkopimda Kalimantan Timur, Senin 6 Mei 2024. 

Data dari Pendam XI Mulawarman, Latsitarda tahun ini mengusung tema "Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara Menuju Kalimantan Timur Maju dan Unggul" dengan diikuti Taruna dan Taruni dari tujuh akademi, yaitu Akmil, AAL, AAU, Akpol, IPDN, UNHAN, dan PSSN ini berjumlah 1.840 orang.

Mereka akan melaksanakan berbagai kegiatan fisik dan non-fisik untuk membantu masyarakat dan memajukan daerah. Sedangkan fokus utama Latsitarda kali ini adalah Karya Bakti, yang meliputi perbaikan rumah ibadah, poskamling, dan rumah tidak layak huni, serta pembersihan saluran air dan sungai. 

BACA JUGA:Daftar 45 Anggota DPRD Balikpapan Periode 2024-2029 Hasil Ketetapan KPU

Selain itu, para Taruna dan Taruni juga akan membantu pembangunan jalan dan pavingisasi, pengaspalan, pembuatan tugu Latsitarda, dan Desa Digital.

Di samping kegiatan fisik, Latsitarda juga akan melaksanakan kegiatan non-fisik seperti riset sosial, penyuluhan kesehatan dan narkoba, wisata sejarah dan pendidikan kesadaran bela negara, serta promosi sekolah-sekolah kedinasan. 

Hal tersebut juga disampaikan oleh Komandan Jenderal Akademi TNI, Letnan Jenderal TNI Rudianto, dalam sambutannya bahwa menekankan pentingnya Latsitarda sebagai wadah untuk mempersiapkan pemimpin masa depan bangsa.

"Latihan ini akan melengkapi kompetensi peserta latsitarda sekalian sehingga benar-benar siap untuk melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat, Bangsa, dan Negara," ungkap Letjend TNI Rudianto.

BACA JUGA:Dua Kali Mencuri di Rumah Yang Sama, Pria di Balikpapan Ini Akhirnya Ketangkap Juga

Melalui kegiatan ini juga, pihaknya berharap para Taruna dan Taruni dapat memahami kebutuhan masyarakat, agar dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang berintegrasi. Senada dengan Letjend TNI Rudianto, Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri, Komjen Pol. Drs. Purwadi Arianto, juga menyampaikan bahwa Latsitarda merupakan latihan paripurna bagi calon pemimpin bangsa. 

"Mereka harus dekat dengan rakyat, paham hati rakyat, tahu kebutuhan rakyat, dan bekerja keras untuk rakyat," ujar Komjen Pol Purwadi.

Selain itu, acara pembukaan Latsitarda XLIV/2024 ini pun turut dimeriahkan oleh penampilan drumband dari para Taruna dan Taruni. 

Menurut pantauan dari nomorsatukaltim.disway.id, para warga Balikpapan yakni mulai dari anak-anak hingga dewasa berkumpul dan memadati sepanjang Jalan Jenderal Sudirman sejak pukul 08.00 Wita, untuk menyaksikan kirab drumband dan defile yang dimulai dari Lapangan Merdeka dan berakhir di kawasan Borneo Bay, Balikpapan Kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: