Patuhi Adat Istiadat, Pesan Katsul kepada Taruna Latsitarda selama di Paser

Patuhi Adat Istiadat, Pesan Katsul kepada Taruna Latsitarda selama di Paser

Sebanyak 324 taruna Latsitarda Nusantara ke-44 akan mengabdikan diri di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) selama satu bulan.-(Disway Kaltim/ Awal)-

PASER, NOMORSATUKALTIM - "Jaga tingkah laku di manapun berada, patuhi adat istiadat setempat". 

Pesan inilah yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser, Katsul Wijaya saat upacara penerimaan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-44.

Untuk diketahui, sebanyak 324 taruna akan melaksanakan Latsitarda selama sebulan ke depan di Kabupaten Paser. Katsul Wijaya berpesan untuk selalu mengingat pepatah "dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.

BACA JUGA: Pembukaan Latsitarda Nusantara XLIV/2024 di Balikpapan Dimeriahkan Aksi Drum Band Para Taruna

"Anda harus tetap mematuhi adat istiadat yang berlaku agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ucap Katsul, di halaman Kantor Bupati Paser, Selasa (7/5/2024).

Lanjut Katsul, para taruna tak perlu takut karena masyarakat Kabupaten Paser sangat ramah dan terbuka kepada pendatang. Jika temui kendala selama mengabdikan diri di Bumi Daya Taka, segera berkomunikasi dengan para pendamping atau pengasuh.

BACA JUGA: Paser Jadi Tuan Rumah Latsitardanus Ke-44, Fahmi Fadli: Persiapan Sudah Matang

"Hormati para induk semang serta dedikasikan apa yang bisa kalian berikan untuk negeri dan jangan lupa mengeksplore Kabupaten Paser," imbuhnya.

Nantinya berbagai kegiatan bakal dilakukan selama berada di wilayah selatan Provinsi Kaltim, baik fisik dan non fisik. Tentunya akan berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Ia berpesan jalankan tugas sebaik-baiknya.

Kegiatan Latsitarda Nusantara ke-44 pada 2024 ini merupakan bagian dari upaya membangun soliditas TNI/Polri, praja dan masyarakat.

BACA JUGA: PJ Gubernur Kaltim Pimpin Upacara Penyambutan Kontingen Latsitardanus XLIV/2024

Untuk itu, Sekda Paser memberikan apresiasi atas partisipasi semua pihak yang terlibat, baik TNI, Polri, unsur pemerintahan, swasta, serta organisasi masyarakat.

"Tanpa kerja sama yang baik, tentu kegiatan ini tidak dapat berjalan lancar," ujarnya.

Dengan adanya Latsitarda di Kabupaten Paser diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta menambah wawasan baik taruna maupun para pelajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: