UMKM Go Digital, BI Kaltim Adakan Kaltimpreneurs 2024

UMKM Go Digital, BI Kaltim Adakan Kaltimpreneurs 2024

Kepala PWk BI Kaltim Budi Widihartanto menyampaikan program Kaltimpreneurs 2024.-istimewa/BI Kaltim-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur (KPw BI Kaltim) me-launching program Digital Kaltimpreneur. Ini sebagai bentuk dukungan terhadap keberlangsungan UMKM, yang merupakan roda penggerak ekonomi Indonesia. 

Kepala KPw BI Kaltim Budi Widihartanto menyampaikan luasnya peluang ekonomi digital dengan besarnya jumlah penduduk Indonesia, dan tingginya tingkat penetrasi internet. Ini tentu menjadi pangsa pasar UMKM

“Oleh karena itu, sebagai upaya meningkatkan kapasistas UMKM dalam pemasaran online dan digitalisasi usaha, KPwBI Kaltim kembali membuka program Digital Kaltimpreneurs 2024,” katanya secara daring. 

BACA JUGA:BI Kaltim Buka 343 Titik Layanan Penukaran Uang, Dibatasi Hanya Rp 4 Juta per Orang

Nantinya para peserta akan mendapatkan pelatihan serta bimbingan intensif selama sekitar tiga bulan. Untuk UMKM yang dinyatakan lolos kurasi, dapat melakukan onboarding pada digital market. Budi pun menambahkan Bank Indonesia sendiri berkomitmen terus mendorong perkembangan ekonomi digital dan inklusif, dengan memberikan pendampingan dan fasilitasi yang dibutuhkan oleh UMKM agar bisa GO Digital. 

Rizka Wahyu Romadhona, Founder sekaligus CEO Agrinesia menyampaikan bahwa pemanfaatan digital marketing yang tepat akan meningkatkan brand awareness dari suatu produk. 

“Kolaborasi dengan KOL (key opinion leader) dan influencer serta penggunaan fitur-fitur pada marketplace seperti live shopping secara aktif, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan,” pesannya. 

BACA JUGA:BI Kaltim Siapkan Uang Tunai Rp3,3 Triliun untuk Natal dan Tahun Baru

Hal serupa juga disampaikan Founder dan CEO Kami, Istafiana Candarini. Dia menyebutkan pentingnya engagement atau interaksi dengan konsumen, terhadap suatu brand. 

“Caranya dengan aktif berkomunikasi dan sharing dengan memanfaatkan social media serta menjaga relationship melalui komunitas bersama konsumen,” pesannya. 

Acara diakhiri dengan sosialisasi terkait Program Digital Kaltimpreneurs Tahun 2024. Adapun bagi UMKM yang berminat untuk menjadi peserta dari program ini, pendaftaran peserta dibuka sejak 24 April hingga 2 Mei 2024. 

Khusus UMKM yang berdomisili di tujuh kabupaten/kota. Seperti Samarinda, Bontang, Berau, Kukar, Kubar, Kutim dan Mahulu. Adapun usaha yang beroperasi minimal satu tahun. Untu pendaftaran bisa melalui https://bit.ly/Registrasi_OnboardingUMKM2024. Seluruh pendaftar yang lolos administrasi dan kurasi produk, akan diberikan dukungan pendampingan Go Digital hingga dapat on board di marketplace nasional.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: