Berikut Opsi Strategi kalau Israel Serius Menyerang Iran: Darat, Laut, Udara Semua Bisa, Tapi….

Berikut Opsi Strategi kalau Israel Serius Menyerang Iran: Darat, Laut, Udara Semua Bisa, Tapi….

Sebuah spanduk anti-Israel di Teheran menunjukkan rudal yang ditumpangkan di atas peta Iran pada 19 April 2024,-Aljazeera.-

NOMORSATUKALTIM – Ketegangan antara Iran-Israel tidak akan pernah usai. Yang terbaru adalah setelah Iran menembakkan lebih dari 300 rudal ke wilayah militer Israel.  Para pengamat memprediksi kedua negara ini berpotensi terjadi perang terbuka.

Namun, jika perang terbuka terjadi, bagaimana cara Israel menyerang Iran?

Serangan udara

Dikutip Aljazeera, opsi pertama adalah melalui serangan udara. Kedua negara terpisah lebih dari 900 km (560 mil) pada titik terdekatnya, dengan sebagian besar pangkalan militer dan situs nuklir Iran yang berjarak lebih dari 2.000 km (1.243 mil) dari Israel. Untuk serangan jauh di dalam Iran, jet siluman F-15i Ra'am dan F-35i Adir bisa digunakan.

Kedua pesawat ini dioptimalkan untuk jarak jauh. Tetapi pesawat ini masih perlu mengisi bahan bakar kecuali jika mengambil rute terpendek ke target Iran di dekat perbatasan. Rutenya juga akan rumit.

Arab Saudi atau Yordania tidak mungkin memberikan izin kepada Israel untuk terbang melalui wilayah udara mereka untuk menyerang Iran, karena hal itu dapat menyeret mereka ke dalam potensi konflik.

Kemudian terbang melintasi Laut Merah dan mengelilingi Yaman dan Oman, pasti akan menempuh perjalanan sejauh 4.700 km (2.920 mil) demi sampai ke wilayah selatan Iran. Bahkan sebelum jet-jet Israel mencapai garis pantai Iran akan kehabisan bahan bakar.


Pesawat tempur F-15i Ra'am Israel (atas) dan F-35I Adir (bawah) -Creative Commons-

 

Rute tercepat untuk menyerang target adalah di sisi utara Iran melalui Suriah dan Irak. Angkatan udara Israel harus menekan pertahanan udara Suriah baik dengan melakukan pengacauan atau dengan serangan siber. Seperti yang dilakukan pada tahun 2007 lalu ketika Israel menghancurkan apa yang dikatakannya sebagai reaktor nuklir yang sedang dibangun di Suriah. Israel mematikan sebagian besar jaringan radar pertahanan udara Suriah sebelumnya.

Teknik seperti ini hanya dapat digunakan pada saat-saat penting secara strategis seperti serangan udara besar atau pada awal konflik.

Perluas jangkauan

Menambah volue tangki bahan bakar pada jet tempur dapat memperpanjang jangkauan mereka secara signifikan, tetapi akan membuat pesawat muncul di radar musuh.

Ada laporan tentang tangki bahan bakar yang dirancang Israel yang dapat dipasang pada F-35 Adir, yang masih memungkinkan mereka untuk tetap tersembunyi dan tidak terlihat oleh radar.

Tangki-tangki tersebut, yang akan dibuang kemudian, akan memungkinkan pesawat untuk mencapai dan menghancurkan target yang jauh lebih dalam di dalam Iran, kembali ke pangkalan udara mereka tanpa terlihat dan terbang tanpa bantuan jet-jet pendamping yang biasa diperlukan untuk menghancurkan radar dan melindungi pesawat pengebom dari pesawat tempur lainnya.

Rencana ini masih akan menjadi rumit. Dan seperti semua rencana yang rumit, dapat mengalami kegagalan pada titik terlemahnya. Nasib buruk atau peningkatan radar yang belum diungkapkan oleh Iran dapat menyebabkan jet-jet Israel ditembak jatuh.

Gunakan angkatan laut

Israel memiliki lima kapal selam kelas Dolphin, kapal selam diesel-listrik Jerman yang bekerja dengan tenang dan ideal untuk operasi pesisir.

Dua kapal selam terbaru yang dibuat untuk Israel memiliki AIP, atau propulsi independen udara. Yang berarti kapal selam ini dapat tetap terendam selama berminggu-minggu saat mengintai target potensial.

 

Salah satu target yang lebih jelas adalah Behshad, sebuah kapal komando pengumpul intelijen milik Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC). Kapal ini telah berada di laut selama tiga tahun dan diposisikan hingga saat ini di mulut Laut Merah dekat Selat Bab al-Mandeb.


Kapal selam milik angkatan laut Israel.--

 

Kapal ini diperintahkan untuk kembali ke pelabuhan, dan citra satelit menempatkannya tepat di luar pangkalan angkatan laut di Bandar Abbas, tepat di Selat Hormuz.

Kapal ini sekarang berada di perairan dalam negeri dan dilindungi oleh pertahanan pantai, tetapi tidak kebal. Kapal selam kelas Dolphin dipersenjatai dengan varian serangan darat rudal jelajah Popeye, Turbo Popeye, yang memiliki jangkauan 200 km hingga 350 km (124-217 mil) dan dapat diluncurkan di bawah air melalui tabung torpedo kapal selam.

Kapal selam Dolphin adalah bagian dari penangkal nuklir Israel, dan ada laporan bahwa versi Popeye memiliki jangkauan 1.500 km (932 mil) dan versi terbaru dari kelas Dolphin yang telah ditingkatkan memiliki VLS (sistem peluncuran vertikal) di layarnya, yang memungkinkan rudal yang lebih panjang untuk diluncurkan yang dapat menampung lebih banyak bahan bakar dan, oleh karena itu, memiliki jangkauan yang lebih panjang.

Akan jauh lebih mudah untuk menyerang target pesisir Iran dari perairan internasional, kemudian tenggelam dan menghilang. Sekali lagi, targetnya harus cukup besar untuk mencapai tujuannya, tetapi tidak cukup besar untuk mengundang tanggapan dari Iran.

Dari semua strategi tadi, pertanyaan sebenarnya adalah, apakah Israel bersedia mengambil risiko perang skala penuh? Sementara mereka saat ini sudah bertempur di dua front. Satu perang di Gaza dan konfrontasi dengan Hizbullah di Lebanon.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: