Kanwil Kemenag Kaltim Mulai Laksanakan Bimbingan Calon Jamaah Haji 2024

Kanwil Kemenag Kaltim Mulai Laksanakan Bimbingan Calon Jamaah Haji 2024

Bimbingan manasik haji.--

SAMARINDA-NOMORSATUKALTIM - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kaltim mulai melaksanakan bimbingan haji. Atau manasik bagi calon jamaah haji yang akan diberangkatkan ke Mekkah tahun ini.

Ketua Tim Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler Bidang PHU Kemenag Kaltim, Khaeruddin menjelaskan secara gamblang. Katanya, dalam proses bimbingan calon Haji, akan dilakukan di setiap Kemenag kabupaten/kota se-Kaltim.

"Setelah liburan industri ini kita sudah mulai fokus ke situ (bimbingan calon jamaah haji). Nanti pelaksanaannya di setiap Kemenag/kabupaten kota. Mereka yang akan menyesuaikan penjadwalannya sendiri," ungkap Khaeruddin kepada wartawan, Jumat 19 April 2024.

BACA JUGA:Pelunasan Biaya Haji Tahap II Dibuka Mulai 13 Maret 2024

Dalam pelaksanaan manasik tersebut, jelasnya, prosesnya akan dilakukan secara berjenjang. Yakni sekitar tujuh kali di tingkat kecamatan, kemudian tiga kali di tingkat kabupaten/kota.

Kemudian, dalam proses bimbingan ibadah haji ini, nantinya ditangani langsung oleh tim khusus, baik dari Kemenag Kaltim maupun di kabupaten kota yang telah disediakan. Selanjutnya calon jamaah haji yang telah dibimbing akan masuk ke Embarkasi Balikpapan.

"Jadi yang membimbing itu adalah mereka yang bersertifikat, sehingga yang menentukan itu dari kabupaten kota masing-masing. Meskipun kadang-kadang ada yang meminta tim pembimbing dari Kanwil, dan dari unsur lain juga bisa dilibatkan

Lebih lanjut, Khaeruddin mengatakan bahwa pihak Kemenag Kaltim juga akan fokus pada penyelesaian dokumen calon jamaah, berikut menyusun jadwal kloter keberangkatan di setiap kabupaten dan kota.

"Dalam waktu dekat ini juga akan dilakukan pelantikan panitia Embarkasi Haji Balikpapan, sekarang masih dalam tahap persiapan juga," ujarnya.

Khaeruddin menyebutkan bahwa, untuk jadwal keberangkatan pertama  kloter calon jamaah haji yang masuk ke Embarkasi Balikpapan akan dimulai tanggal 13 Mei 2024. 

BACA JUGA:Viral, Bocah Lima Tahun di Samarinda Nekat Bawa Mobil PLN Hingga Menabrak Kendaraan Lain

"Nanti tanggal 14 Mei para jamaah tersebut dijadwalkan akan diterbangkan ke Tanah Suci Mekkah," imbuhnya.

Selanjutnya, untuk pemberangkatan calon Jemaah Haji yang nantinya akan masuk ke Embarkasi pada tanggal 9 Juni 2024, akan diberangkatkan pada tanggal  10 Juni 2024 mendatang.

"Kita berharap menjelang keberangkatan bulan depan seluruh proses pelaksanaan bisa berjalan lancar. Termasuk hal-hal lainnya dalam kebutuhan Ibadah Haji tahun ini bisa terlaksana dengan baik," tutup Khaeruddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: