7 Buah Penurun Kolesterol ini Cocok Jadi Pendamping Hidangan Lebaran

7 Buah Penurun Kolesterol ini Cocok Jadi Pendamping Hidangan Lebaran

Ilustrasi buah-buahan yang bisa membantu menurunkan kolesterol dengan cepat.-(Istimewa)-

NOMORSATUKALTIM - Momen lebaran merupakan kesempatan baik untuk mempererat silahturahmi sekaligus mencicipi beragam hidangan. 

Tidak diragukan lagi bahwa menu khas lebaran sungguh nikmat, sehingga sulit untuk menahan diri menyantapnya dalam jumlah yang banyak.

Termasuk bagi penderita kolesterol yang semestinya perlu membatasi diri untuk menyantap hidangan lebaran yang kebanyakan mengandung lemak, santan, daging, dan karbohidrat yang tinggi.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan tersebut bisa menyebabkan kolesterol meningkat.

Namun, Anda tak perlu terlalu khawatir. Sebab ada cara sehat yang bisa dilakukan untuk bisa menurunkan kolesterol usai menyantap hidangan lebaran yakni dengan mengkonsumsi buah-buahan.

Buah yang mengandung banyak serat dan atioksidan sangat bagus untuk menurunkan kolesterol.

Dilansir dari Disway Grup, berikut ini beberapa buah yang bisa menurunkan kolesterol dan bagus untuk menjaga kesehatan jantung:

 

1. Alpukat

Buah alpukat diketahui memiliki senyawa yang baik sehingga dapat mengatur kadar kolesterol tinggi (HDL) dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan lemak tak jenuh dalam buah alpukat sangat bermanfaat dan bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Pisang

Buah pisang mengandung serat, vitamin, mineral, dan gula alami yang disebut sangat baik untuk dikonsumsi untuk mencegah kolesterol naik dan tekanan darah.

3. Berries

Buah berries mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang memiliki peran aktif mencegah penyakit jantung dan gangguan kronis lainnya. Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah berries dapat menurunkan kolesterol dan mencegah peradangan. Maka dari itu, tidak heran jika buah berries dianggap sebagai salah satu sumber fitonutrien yang serbaguna dan mempunyai rasa yang enak.

4. Anggur

Anggur mengandung serat pektin yang tinggi, menjadikan salah satu buah penurun kolesterol yang baik untuk dikonsumsi. Kandungan antioksidan dalam buah anggur bisa membantu melawan dampak buruk dari tingginya kolesterol dalam darah. Dengan mengkonsumsi anggur setiap hari, dipercaya bisa menjaga sel-sel darah dan mengurangi peradangan.

5. Stroberi

Buah stroberi ternyata juga masuk ke dalam jenis buah yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi dapat menjaga kesehatan pembuluh darah. Tak hanya itu, buah berwarna merah ini memiliki gula alami yang rendah, sehingga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

Apel

Apel mengandung serat pektin yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Akan sangat baik jika konsumsi buah apel tanpa diolah, sebab dikhawatirkan akan menghilangkan serat alami yang ada pada buah dan juga kulit apel. Buah apel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Pir

Tidak berbeda jauh dengan apel, buah pir juga memiliki kandungan serat pektin yang sangat bagus untuk menurunkan kolesterol. Sama dengan apel, mengkonsumsi pir akan sangat tepat tanpa diolah, kulit dan buah pir sangat bagus untuk menyerap dan mengeluarkan kolesterol pada tubuh.

Nah demikian beberapa jenis buah yang bisa dikonsumsi ketika kolesterol naik akibat terlalu banyak menyantap hidangan lebaran. Buah-buah ini juga bisa dijadikan makanan penutup sekaligus melengkapi menu hidangan lebaran. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: