Pangdam VI/Mulawarman Pimpin Prajurit TNI Hadiri Peringatan Nuzulul Quran di Masjid Sudirman

Pangdam VI/Mulawarman Pimpin Prajurit TNI Hadiri Peringatan Nuzulul Quran di Masjid Sudirman

Suasana peringatan Nuzulul Quran yang dihadiri oleh Pangdam VI/Mulawarman, Mayjend TNI Tri Budi Utomo di Masjid Sudirman, Balikpapan, pada Selasa (26/3/2024) malam.-(Dok. Pendam VI/Mlw)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Panglima Kodam (Pangdam) VI/Mulawarman, Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo hadiri peringatan Nuzulul Quran atau malam ke-17 Ramadan, yang digelar di Masjid Sudirman Balikpapan, pada Selasa (26/3/2024).

Peringatan Nuzulul Quran tersebut turut dihadiri oleh seluruh pejabat, prajurit TNI dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kodam VI/Mulawarman.

BACA JUGA: Puasa 20 Tahun Pecah, Timnas Indonesia Lumat Vietnam 3-0 di Kandang Lawan

"Nuzulul Qur’an merupakan suatu peristiwa yang sangat penting bagi umat Islam. Karena pada saat itulah surat pertama Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW, yaitu Surat Al-Alaq,” ujar Mayjen Tri Budi Utomo.

Pangdam VI/Mulawarman kemudian menyampaikan pesan inti dari surat tersebut, yang pada dasarnya memerintahkan kepada umat manusia untuk membaca atau belajar. Tujuannya untuk mengetahui mana yang benar dan mana yang salah, tahu yang halal dan yang haram.

BACA JUGA: Persentase Masih Tinggi, Pemkab Berau Komitmen Terus Turunkan Angka Stunting

Peringatan Nuzulul Qur’an ini, ungkapnya, merupakan salah satu upaya peningkatan keimanan dan ketakwaan personel Kodam VI/Mulawarman. Para prajurit diharapkan lebih menghayati nilai-nilai ibadah.

“Ini juga sekaligus lebih memahami makna dan kandungan yang ada dalam kitab suci Al-Qur’an, sehingga dapat kita gunakan sebagai landasan spiritual, moral dan etika dalam setiap pelaksanaan tugas dan kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

BACA JUGA: Gempa Bawean Terasa hingga Balikpapan, BMKG Ungkap 12 Fakta, Nomor 6 Bikin Resah

Menurutnya, Al-Qur’an akan lebih bermakna bagi kehidupan, jika dipahami dan diamalkan isi kandungannya dengan baik. 

"Sehingga kita akan menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, serta selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT dalam arti yang sebenarnya," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: