Resmi! FIFA Setujui Penggunaan VAR untuk Liga 1 Indonesia

Resmi! FIFA Setujui Penggunaan VAR untuk Liga 1 Indonesia

Uji coba VAR di Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Banten, pada Senin (25/3/2024) malam.-(Foto/Antara)-

Untuk mendukung wasit utama di lapangan, terdapat tiga wasit VAR yang berada di ruang kendali. Mereka meliputi wasit VAR, asisten wasit VAR, dan operator VAR.

Syafiq menekankan bahwa wasit dan asisten wasit VAR harus memiliki lisensi FIFA secara khusus.

Lebih lanjut, dia menyebutkan bahwa untuk kompetisi Liga 1, saat ini Indonesia memiliki 13 wasit yang memiliki lisensi VAR dan 22 orang dengan lisensi asisten wasit VAR.

Diketahui, PT LIB menerapkan dua tahap pertandingan dalam Liga 1 musim 2023/2024, yang terdiri dari Reguler Series dan Championship Series.

BACA JUGA: Ketua IMI Kaltim Janjikan Bonus Atlet yang Berprestasi di PON Aceh-Sumut

Menurut jadwal kompetisi yang dirilis oleh PT LIB, Reguler Series akan berakhir pada 28 April 2024. Pada tanggal tersebut, sembilan pertandingan akan digelar bersamaan.

Setelah itu, empat tim teratas dari 34 pekan pertandingan dalam fase awal akan bertemu dalam Championship Series.

Ini berarti bahwa gelar juara kompetisi untuk musim 2023/2024 tidak akan ditentukan setelah selesainya Reguler Series. Juara akan ditentukan selama babak Championship Series.

Championship Series akan berlangsung pada 4-26 Mei 2024. Fase ini akan mengadopsi format kandang-tandang sesuai dengan regulasi yang berlaku.

BACA JUGA: Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Bank Mandiri Santuni 1.750 Anak Yatim dan Duafa di Kalimantan

Dalam penerapannya, tim yang berada di peringkat pertama dalam klasemen akhir Reguler Series akan bertemu dengan tim yang berada di peringkat keempat. Sementara tim yang berada di posisi kedua akan berhadapan dengan tim peringkat ketiga.

Tim yang kalah secara agregat dalam pertandingan dengan format dua leg tersebut akan berhadapan lagi untuk memperebutkan peringkat ketiga. 

Sementara itu, tim yang menang akan maju ke pertandingan puncak atau final untuk memperebutkan gelar juara Liga 1 Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: