Resmi! FIFA Setujui Penggunaan VAR untuk Liga 1 Indonesia

Resmi! FIFA Setujui Penggunaan VAR untuk Liga 1 Indonesia

Uji coba VAR di Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Banten, pada Senin (25/3/2024) malam.-(Foto/Antara)-

NOMORSATUKALTIM - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah menyetujui penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) untuk Liga 1 Indonesia.

Namun, untuk sementara VAR digunakan pada fase Championship Series Liga 1 Indonesia yang berlangsung pada Mei 2024 mendatang.

Championship Series merupakan tahap kedua dari sistem kompetisi yang mulai dijalankan pada Liga 1 musim ini. Fase itu akan bergulir setelah fase Reguler Series yang menggunakan sistem kompetisi pada umumnya selesai digelar.

BACA JUGA: 20 Tahun Timnas Tidak Pernah Menang Tandang Lawan Vietnam, Mampukah STY Ubah Sejarah?

Instruktur VAR FIFA, Subkhiddin bin Mohammad Salleh menyatakan rangkaian uji coba penerapan VAR untuk Liga 1 Indonesia sudah berakhir hari ini, Selasa (26/3/2024). 

"Jadi keputusannya sangat baik dan saya katakan lulus," kata Subkhiddin usai meninjau proses uji coba VAR di Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Banten.

Dilansir dari Antara, uji coba VAR sebelumnya di Solo berjalan baik. Sedangkan uji coba berikutnya di Tangerang juga sudah dinyatakan layak. Sehingga diputuskan bahwa VAR sudah siap diterapkan dalam tahap Championship Series Liga 1.

BACA JUGA: Pusamania Bertekad Dukung Langsung Borneo FC Vs PSM Makassar di Stadion Batakan

Ia mengatakan, uji coba ini untuk memastikan kesiapan asisten wasit yang akan menggunakan teknologi terbaru sepak bola di Indonesia.

"Hari ini kami mengadakan final assessment untuk menilai kemampuan, kapabilitas, dan cara berkomunikasi mereka dengan wasit yang ada di lapangan," ujar instruktur VAR FIFA asal Malaysia itu.

Pun demikian, kata Subkhiddin, FIFA tetap akan memantau penerapan teknologi itu dan mematangkan pemahaman wasit terkait protokol penerapan VAR.

Muhammad Syafiq Bahanan selaku Project Manager Technology di PT Liga Indonesia Baru (LIB), menyatakan bahwa ke depannya, dalam sebuah pertandingan akan melibatkan empat wasit di lapangan. 

Empat wasit ini terdiri dari satu wasit utama, dua asisten wasit atau hakim garis, dan satu wasit cadangan.

BACA JUGA: Witan Sulaeman Siap Tunjukkan Permainan Terbaik di Kandang Vietnam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: