Pelajar SMA Sederajat di Paser Ikuti Pelatihan Jurnalistik Garapan PWI-Kideco

Pelajar SMA Sederajat di Paser Ikuti Pelatihan Jurnalistik Garapan PWI-Kideco

Jurnalis Disway biro Paser Achmad Syamsir Awal saat mengisi pelatihan jurnalistik untuk pelajar SMA/sederajat.-istimewa-

 

PASER, NOMORSATUKALTIM - Puluhan pelajar SMA sederajat di Kabupaten Paser diberi pelatihan jurnalistik dan bijak bermedia sosial. Materi dipaparkan oleh pewarta yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

 

 

Pelatihan jurnalistik bertajuk Ramadan Show ini menyasar SMA Negeri 1 Tanah Grogot, SMK Negari 1 Tanah Grogot dan SMA Negeri 1 Batu Sopang. Selama pelaksanaan, peserta yang didominasi Gen Z sangat antusias menyimak setiap materi yang disampaikan.

 

 

Ketua Panitia Ramadan Spotlight 1445 PWI Paser - PT Kideco Jaya Agung, Tontong Bhakti Sihombing mengatakan program ini adalah wujud pengabdian wartawan ke masyarakat, khususnya bagi para pelajar.

 

 

"Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari ini berjalan lancar. Para pelajar aktif bertanya begaimana proses produk berita dan respon terhadap suatu pemberitaan," kata Bhakti, usai pelatihan jurnalistik di SMA Negeri 1 Batu Sopang, Kamis (21/3/2024).

 

 

Dikatakannya, produk jurnalistik banyak berseliweran di media sosial dan pelajar perlu mengetahui apa saja yang merupakan produk media sosial serta produk media konvensional di tengah pesatnya gempuran teknologi digital.

 

 

Sebelumnya, Regional External Relations Asst Manager PT Kideco Jaya Agung, Isro Ayyubi Rambe menuturkan pelatihan ini memberikan pelajar banyak ilmu dan menjadi duta pena atau menjadi citizen jurnalisme.

 

 

"Kita harus belajar bagaimana menyampaikan informasi yang baik dan menghindari hoaks. Ini jadi wawasan baru buat pelajar tentunya," tutur Isro, saat membuka pelatihan jurnalistik sehari sebelumnya di SMA Negeri 1 Tanah Grogot.

 

 

Era sekarang ini penyebaran informasi cukup masif dan cepat. Dalam hitungan menit, informasi tersebar jumlahnya bisa ribuan, dan katanya perlu kesadaran dari penerima. Pelatihan ini diharapkannya dapat membuat pelajar berkontribusi terhadap arus informasi yang positif dan membangun.

 

 

Wakil Kepala Kesiswaan SMA Negeri 1 Batu Sopang, Almunawwir mengatakan ini program luar biasa dari PWI sebagai penyelenggara. Apalagi para pewarta yang hadir masih berusia muda.

 

 

"Teman-teman wartawan yang memberikan pelatihan ini masih sangat muda, ini juga menjadi pelecut semangat bagi anak didik kami. Terima kasih kepada PWI semoga kedepannya secara kontinyu dapat kembali terlaksana," tutup Almunawwir.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: