Operasi Keselamatan Mahakam Resmi Dimulai, Knalpot Brong Hingga Kendaraan ODOL Bakal Ditilang

Operasi Keselamatan Mahakam Resmi Dimulai, Knalpot Brong Hingga Kendaraan ODOL Bakal Ditilang

Personel Polres Paser melakukan Operasi Keselamatan Mahakam, Rabu (6/3/2024). (Awal/Disway)--

PASER, NOMORSATUKALTIM - Operasi Keselamatan Mahakam 2024 telah berjalan hingga 17 Maret nanti.

Menargetkan pengendara yang tak patuh dalam berlalulintas. Setidaknya terdapat beberapa jenis pelanggaran prioritas yang bakal ditindak.

Mulai tak menggunakan helm atau sabuk pengaman, knalpot brong, memainkan gawai sembari berkendara, mengemudi dibawah pengaruh alkohol, melawan arus, memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi hingga over dimension and over loading (ODOL).

Kapolres Paser, AKBP Yusep Dwi Prastiya, mengatakan operasi keselamatan Mahakam untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan serta ketertiban masyarakat dalam berlalulintas. Dirinya menyebut lebih memberikan teguran, barulah kemudian diproses lebih lanjut atau ditilang.

"Meningkatnya kesadaran dan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas diharapkan dapat menurunkan angka kecelakaan," kata Yusep.

Dikatakannya, kselamatan berlalu lintas bukan hanya tanggung jawab Polri saja, namun juga menjadi tanggung jawab bersama antara pemangku kepentingan dan masyarakat. 

"Operasi Keselamatan Mahakam 2024 ini akan dilaksanakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif," sebutnya.

Selain dengan patroli, penertiban dalam Operasi Keselamatan Mahakam terhadap pelanggar lalu lintas juga menggunakan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) statis dan mobile serta blanko teguran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: