KPU Gelar Simulasi Pelaksanaan Pemilu, Masih Ada Yang Salah Masukan Surat Suara

KPU Gelar Simulasi Pelaksanaan Pemilu, Masih Ada Yang Salah Masukan Surat Suara

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha saat menggelar simulasi tata cara pelaksanaan pemungutan suara, di Gedung Parkir Klandasan, Balikpapan Kota.-istimewa-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan menggelar simulasi tata cara pelaksanaan pemungutan suara di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), di Gedung Parkir Klandasan, Balikpapan Kota, Rabu 31 Januari 2024. 

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha menjelaskan, simulasi pemungutan yang digelar untuk memberikan pemahaman secara detail kepada petugas KPPS. Terkait tata cara pemungutan suara di TPS nantinya.

Menurutnya, simulasi ini merupakan evaluasi dari hasil simulasi pemungutan suara yang sebelumnya telah dilakukan di Gor Mini, Balikpapan Barat beberapa waktu lalu. Thoha memastikan, simulasi akan selesai sesuai dengan buku panduan KPPS.

"Kita minta teman-teman PPK dan PPS harus selesai, karena nantinya mereka yang akan memandu teman-teman KPPS di TPS," ucap Thoha, Kamis 1 Februrari 2024. 

Thoha mengungkap dari hasil evaluasi pelaksanaan simulasi pemungutan suara di Gor Mini, masih ada masyarakat yang memasukan surat suara ke dalam kotak suara yang salah. Ditambah lagi, masalah pelipatan kembali surat suara yang kurang, atau tidak sesuai dengan rumusan DPT + 2 persen. 

"Itu yang menjadi salah satu yang di evaluasi kembali," ujarnya.

Thoha berharap setelah dilakukan simulasi secara detail tersebut. Tak ada lagi ditemukan kesalahan-kesalahan saat digelar Pemilu 2024, 14 Februari nanti.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: