2.568 Personel Linmas Paser Khusus Pengamanan Pilkada Diberi Bimtek

2.568 Personel Linmas Paser Khusus Pengamanan Pilkada Diberi Bimtek

Kepala Satpol PP Kabupaten Paser, Muhammad Guntur.--

PASER, NOMORSATUKALTIM -  Sebanyak 2.568 petugas Perlindungan Masyaraka (Linmas) di Kabupaten Paser bakal diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek). Pelaksanaan secara kontinyu itu dimulai bulan ini, yakni 19 September mendatang. 

Ribuan Satlinmas itu dipersiapkan untuk perlindungan ketentaraan masyarakat dan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 November nanti.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Paser, Muhammad Guntur mengatakan Linmas yang dipersiapkan jumlahnya mencapai 2.568 orang. Ia bilang awal pekan lalu telah dikukuhkan 500 anggota.

"Untuk pengukuhan nanti dilakukan secara bertahap karena tidak memungkinkan dikukuhkan sekaligus," kata Guntur, Jumat (6/9/2024).

Sementara untuk mengikuti Bimtek dalam rangka peningkatan kapasitas tugas dan fungsi.

"Kemungkinan di tanggal 19 September nanti yang juga secara bertahap dilaksanakan," sambungnya. 

BACA JUGA:Kerap Jadi Sorotan Tiap Tahun Politik, Sekda Paser Ingatkan Netralitas ASN

BACA JUGA:Pemkab Paser Targetkan Percepatan Pembangunan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Jelang Pilkada Paser 2024, setiap kecamatan nantinya akan ditempatkan 11 Satlinmas, begitupun untuk desa dan kelurahan masing-masing 10 Satlinmas. 

Dari jumlah keseluruhan itu, terdapat 1.390 anggota Satlinmas ditempatkan pada 10 kecamatan, 139 desa dan 5 kelurahan, ditambah Satlinmas Kabupaten Paser berjumlah 50 orang. 

BACA JUGA:Belum Sebulan Dilantik, Ikhwan Ajukan Pengunduran Diri dari DPRD Paser

"Ada juga Satlinmas yang ditugaskan di tempat pemungutan suara (TPS), dari 484 TPS masing-masing dijaga 2 Satlinmas. Jadi total Satlinmas se-Kabupaten Paser ini jumlahnya 2.568 orang," ulas Guntur. 

Kedepannya, setelah semua personel Linmas dikukuhkan dan telah mengikuti Bimtek maka Satpol PP Paser akan menyerahkan seluruhnya ke Polres Paser untuk pengamanan Pilkada. 

"Seluruh anggota Satlinmas itu akan di bawah kendali operasi (BKO) Polres Paser, kemungkinan kami serahkan tanggal 24 September mendatang untuk membantu pengamanan setiap TPS di desa maupun kelurahan di Kabupaten Paser," tutup Guntur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: