Dinas Perikanan Berau Terus Berupaya Meningkatkan Kualitas Produk Olahan Hasil Laut Bumi Batiwakkal

Dinas Perikanan Berau Terus Berupaya Meningkatkan Kualitas Produk Olahan Hasil Laut Bumi Batiwakkal

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Berau, Dahniar Ratnawati-(Disway Kaltim)-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Dinas Perikanan Kabupaten Berau terus berupaya meningkatkan kualitas produk hasil laut Bumi Batiwakkal.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Berau, Dahniar Ratnawati mengatakan, pihaknya sudah menyusun skema peningkatan kualitas produk hasil laut lebih lanjut kepada nelayan dengan memberikan alat tangkap ramah lingkungan.

"Kami akan terus mengedukasi nelayan dengan memberi alat tangkap ikan ramah lingkungan," ucapnya Minggu (28/1/2024).

Selain itu, pihaknya akan melakukan pelatihan kepada pelaku usaha perikanan dan nelayan tentang pola tangkap ikan yang benar dan tidal merusak lingkungan.

"Baik itu cara penangkapan ikan yang ramah lingkungan kemudian kami beri edukasi safety firts keselamatan dalam berlayar kemudian belajar tentang pembudidaya perikanan," ujarnya.

Dikatakannya, salah satu budidaya hasil perikanan ramah lingkungan yang saat ini makin berkembang yaitu tambak secure.

"Tambak ramah lingkungan itu ada 9, sudah bekerja sama dengan mitra pembangunan seperti  Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN)," bebernya.

Untuk itu, pihaknya bakal optimalisasi dengan serius lakukan penyuluhan kepada para Sumber Daya Manusia (SDM) tangkap ikan ramah lingkungan.

"Kemudian dari sisi pengawasan kita bakal tingkatkan pada daerah perairan umum," jelasnya.

Kemudian pada tahun 2024 ini, Dahniar mengungkapkan pihaknya gencar memaksimalkan unit pengelolaan rumah produksi perikanan.

"Rumah produksi hasil perikanan ada di jalan prapatan, dan kami juga lagi merintis skala kecil pengalengan ikan khas Berau. Tentunya kami akan edukasi dahulu ke pelaku usaha rumahan dan kelompok masyarakat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: