Cegah Terjadinya Sengketa Lahan, ATR/BPN Berau Targetkan 16.484 Bidang Tanah Tersertifikat Selama 2024

Cegah Terjadinya Sengketa Lahan, ATR/BPN Berau Targetkan 16.484 Bidang Tanah Tersertifikat Selama 2024

Kantor ATR/BPN Berau-Disway Kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Berau kembali membuka program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2024, agar lahan milik warga memiliki sertifikat dan terdata.

Plh Kantor ATR/BPN Kabupaten Berau, John Palapa mengatakan, pihaknya akan mendata dan melakukan pemetaan lahan dengan target mencapai 16.484 bidang Tanah.

"Kita ada proyek PTSL dengan target 16.484 bidang tanah, di tahun 2024 ini meliputi 18 Desa," ujarnya Senin (29/1/2024).

Tujuan pendataan bidang tanah, baik yang belum ataupun sudah bersertifikat adalah untuk meingkatkan kualitas data pertanahan.

Sehingga berimplikasi pada pengurangan sengketa lahan yang kerap terjadi di masyarakat.

John mengimbau kepada masyarakat yang ingin mengikuti program PTSL, agar membawa salinan Kartu Keluarga (KK), KTP, surat tanah, SPPT PBB, dan BPHTB. Dia menjelaskan, proses awal kegiatan PTSL yang dilakukan adalah pemotretan lahan pendaftar dari udara.

"Jadi sertifikat yang lama oleh pemiliknya belum terploting. Ya karena itu tadi secara hak terpenuhi, tapi secara pemiliknya tidak tahu keberadaannya, ini lah menjadi salah satu target kita adakan PTSL," tegasnya.

Diakuinya, selama beberapa tahun berjalan, program PTSL di Kabupaten Berau tidak memiliki kendala berarti dan cenderung berjalan lancar.

“Program sertifikasi massal PTSL ini banyak membantu masyarakat dan persyaratannya mudah," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: