Piala Asia 2023: Indonesia Raih Kemenangan Perdana, Ada Peluang Lolos 16 Besar

Piala Asia 2023: Indonesia Raih Kemenangan Perdana, Ada Peluang Lolos 16 Besar

Selebrasi para pemain Timnas Indonesia usai mencetak gol ke gawang Vietnam.-(Disway/ Istimewa)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIIM - Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasil memenangi laga keduanya di Grup D Piala Asia 2023, pada Sabtu (19/1/2024) malam.

Bertempat di Abdullah bin Khalifa Stadium, anak asuh coach Shin Tae-yong memetik tiga poin, setelah menang tipis atas Vietnam dengan skor akhir 1-0.

Hasil ini membuat Skuad Garuda memiliki asa lolos dari fase grup Piala Asia 2023

Sebab, laga ini adalah partai hidup mati bagi kedua tim. Indonesia membutuhkan kemenangan untuk melanjutkan asa di kompetisi ini usai tumbang 3-1 atas Irak. 

Demikian juga Vietnam, sebelumnya dibantai Jepang dengan skor 4-2.

Timnas Indonesia kini berada di posisi 3 klasemen sementara, di bawah Jepang yang sama-sama mengantongi 3 poin dari satu kemenangannya.


Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan saat berjibaku mempertahankan keunggulan atas Vietnam di laga Grup D Piala Asia 2023. -(Disway/ Istimewa)-

 

Jalannya Pertandingan

Menit-menit awal babak pertama, Vietnam lebih dominan dalam penguasaan bola. Terbukti, ball possesion dikuasai Vietnam 54 persen, berbanding 46 persen milik Indonesia. 

Berkali-kali Vietnam mencoba menusuk jantung pertahanan Timnas Garuda, namun pertahanan yang cantik diperlihatkan Jordi Amat dan kawan-kawan.

Hingga akhirnya peluar emas itu datang di Menit 39. Pemain belakang Vietnam bernomor punggung 6 menarik baju Rafael Struick di kotak terlarang. 

Alhasil pelanggaran ini menghasilkan kesempatan emas bagi Indonesia dari titik putih penalti. 

Dengan tenang Asnawi mengeksekusi tendangan ini ke ujung kiri gawang F Nguyen. Keunggulan 1-0 diraih Timnas Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: