OIKN: Komplek Istana Negara dan Kantor Kementerian Sudah 63 Persen.

OIKN: Komplek Istana Negara dan Kantor Kementerian Sudah 63 Persen.

Pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, Sabtu (13/1/2024).-(Dok. Diskominfo Kaltim)-

“Seperti pembangunan Jalan Tol Akses IKN tahap 1, Bendungan Sepaku Semoi, Istana Negara dan Kantor Presiden,” ujar Danis, dikutip dari laman resmi PUPR, Senin (15/1/2024).

BACA JUGA: Ramalan Cuaca Kaltim, 15 Januari 2024, Cek di Sini!

Beberapa infrastruktur dasar IKN yang akan selesai pada 2024, meliputi pemenuhan kebutuhan air bersih dan beberapa jaringan jalan untuk meningkatkan konektivitas ke kawasan IKN. 

Saat ini tengah diselesaikan pembangunan Jalan Tol menuju ke lKIPP IKN.

Pembangunan Jalan Tol IKN yang saat ini sudah berjalan tiga seksi, yakni Seksi 3A Karang Joang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer (km), Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km. 

Ketiga seksi ini ditargetkan rampung pada Juli 2024.

BACA JUGA: Sejumlah Desa di Kaltim Bakal Kebagian Dana Karbon Rp378 Juta

BACA JUGA: STY Siapkan Kejutan Laga Perdana Jelang Timnas Indonesia Versus Irak di Piala Asia 2023

Menurut Danis, pembangunan Ibukota Negara (IKN) merupakan kesempatan yang baik untuk melakukan penataan kota sesuai dengan teori, aturan, dan visi pembangunan kota Nusantara sebagai Smart Forest City. 

Hal ini menunjukkan bahwa pembangunan IKN tidak hanya diarahkan untuk menciptakan pusat pemerintahan yang efisien, tetapi juga sebagai peluang untuk menerapkan konsep pembangunan kota yang cerdas dan berkelanjutan. 

Dengan demikian, IKN diharapkan menjadi pusat administrasi sekaligus mencerminkan inovasi dalam pengelolaan lingkungan dan infrastruktur perkotaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: