OIKN: Komplek Istana Negara dan Kantor Kementerian Sudah 63 Persen.

OIKN: Komplek Istana Negara dan Kantor Kementerian Sudah 63 Persen.

Pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, Sabtu (13/1/2024).-(Dok. Diskominfo Kaltim)-

IKN, NOMORSATUKALTIM - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebut progres pembangunan Istana Negara dan kantor kementerian di IKN Nusantara telah mencapai 63 persen. 

Hal ini disampaikan oleh Ahli Muda Direktorat Perizinan OIKN, Muhammad Agung Syahputra.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur kota dan gedung di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN terus berprogres dengan baik.

Mengingat KIPP IKN akan dipersiapkan sebagai lokasi Upacara Kenegaraan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke 79 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2024 nanti.

BACA JUGA: Terduga Pengancam Anies Baswedan Menyerahkan Diri ke Polda Kaltim

"Bisa dilihat di sini, pembangunan istana negara dan empat kantor kementerian koordinator terus berjalan. Sudah terlihat konstruksi gedung-gedungnya. Kalau dari luar, memang terlihat masih hutan saja. Tapi di dalam, sudah semasif ini pembangunannya," terang Agung akhir pekan lalu, di IKN.


Sudut lain Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) yang kini sedang dibangun.-(Dok.Diskominfo Kaltim)-

BACA JUGA: Kota Balikpapan Kekurangan Nakes, Serangan Penyakit Meningkat

Menurutnya, desain istana negara yang mengambil bentuk garuda sudah mulai terlihat jelas. Bangunan utama di KIPP IKN itu dikelilingi oleh kantor-kantor kementerian koordinator. 

Sementara itu tengah-tengah, akan dibuat danau yang dialiri dari bendungan sepaku semoi.

"Jadi nanti istana negara dan kantor kementerian berada di satu kawasan yang terkoneksi. Setiap pegawai nanti jalan kaki saja dari kantor ke kantor. Melintasi jembatan-jembatan kecil di tengah danau," jelasnya.

BACA JUGA: Pemprov Kaltim Bentuk Tim Pembebasan Lahan Warga untuk Bandara VVIP IKN

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memang menarget pembangunan infrastruktur dasar Tahap 1 di IKN, termasuk pembangunan Kawasan Ibukota Pemerintahan dan Politik (KIPP) bisa rampung pada tahun 2024. 

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga mengatakan, kontrak kerja infrastruktur dasar IKN Tahap I telah dimulai sejak 2021 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: