Peran Perempuan Dianggap Penting dalam Menyongsong Ibu Kota Nusantara

Peran Perempuan Dianggap Penting dalam Menyongsong Ibu Kota Nusantara

Rapat koordinasi Pengarusutamaan Gender (PUG) di Hotel Ibis Samarinda, Selasa (14/11/2023). -(ist)-dp3a kukar

Kukar, NOMORSATUKALTIM - Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang akan dibangun di Kalimantan Timur menjadi isu hangat dibahas oleh masyarakat.

Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang menjadi salah satu daerah penyangga IKN, menganggap peran perempuan sangat penting dalam pembangunan.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan, Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP3A) Kukar, Bambang Arwanto, dalam rapat koordinasi Pengarusutamaan Gender (PUG) di Hotel Ibis Samarinda, Selasa (14/11/2023).

“IKN ini narasi yang cantik dan hangat, perempuan itu kan sebenarnya faktor penting dalam kehidupan,” kata Bambang saat coffee break.

Bambang menjelaskan bahwa perempuan di Kukar harus diberdayakan dalam segala aspek, mulai dari politik, ekonomi, sosial, budaya, hingga hukum. 

Ia mengkritik bahwa keterwakilan perempuan di Kukar masih minim, terutama di bidang politik.

“Masih di bawah mandatory atau perintahnya yakni 30 persen, kita masih di angka 20 persen,” ungkapnya, berdasarkan Pasal 20 UU Nomor 2 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum.

Bambang berharap, dengan adanya PUG, perempuan di Kukar dapat lebih berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan daerah, khususnya dalam menghadapi IKN Nusantara.

“Kalau di Kukar dia sama dengan laki-laki, jadi penting bagaimana menggalang keikutsertaan penduduk perempuan dalam pembangunan. Karena kita tahu perempuan sebagai sumber daya juga punya jumlah yang sangat besar,” paparnya.

Bambang juga menggarisbawahi pentingnya pemberdayaan perempuan dalam aspek ekonomi. 

Ia mengatakan bahwa perempuan harus mandiri dan berdiri di atas kakinya sendiri, sehingga dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga dan masyarakat.

“Terutama diberdayakan dalam aspek ekonomi, mereka harus mandiri, karena dengan kemandirian itu artinya kebutuhan rumah tangga dapat dipenuhi,” tandasnya. (*/adv/dp3akukar_23)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: