Upaya Pencegahan Pemanasan Global, Kideco Kembali Raih Penghargaan ASRRAT 2023

Upaya Pencegahan Pemanasan Global, Kideco Kembali Raih Penghargaan ASRRAT 2023

PT Kideco Jaya Agung meraih penghargaan kategori Gold dalam ajang ASRRAT 2023 yang diselenggarakan NCCR.-dok. Kideco-

NOMORSATUKALTIM, JAKARTA - Menjalankan praktik dan tata kelola yang melalui penyusunan laporan berkelanjutan, antarkan PT Kideco Jaya Agung (Kideco) kembali meraih Gold Rank pada Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2023 yang ke-19 yang diselenggarakan National Center for Corporate Reporting (NCCR).

Penghargaan ini merupakan ajang bagi perusahaan untuk membagikan praktik tata kelola yang baik sebagai upaya nyata dalam mencegah pemanasan global. Apresiasi dan pemberian Penghargaan ini diserahkan langsung Chairman of ASRRAT Jury Committee 2023, Prof Dr Irwan Adi Ekaputra kepada Direktur Utama Kideco, M Kurnia Ariawan, di Raffles Hotel Jakarta, pada Senin (6/11/2023).

Dalam penyelenggaraan itu, Chairman Board of Trustee NCCR Prof Bambang Brojonegoro menyebut, ASRRAT 2023 ini mengambil tema Navigating the Path to Net Zero: Accelerating Climate Action in Asia. Katanya, bumi telah mengalami peningkatan suhu sebesar 1,1° celsius akibat aktivitas manusia. 

"Hal ini cukup mengkhawatirkan, sehingga harus ada upaya nyata mengurangi emisi gas rumah kaca secara signifikan dan untuk mencapai Net Zero Emission 2050 untuk memitigasi peningkatan suhu dan perubahan iklim tersebut," ujar Bambang.

Di tempat yang sama, Chairman Executive Director of NCCR, Dr Ali Darwin menyampaikan partisipasi peserta ASRRAT 2023 berjumlah 68 peserta. Mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yakni 50 peserta.

"Hal ini menandakan komitmen dan dedikasi institusi di Indonesia dan luar negeri semakin meningkat untuk bergerak bersama menuju upaya keberlanjutan melalui praktik bisnis yang bertanggung jawab," katanya.

Sementara, Kurnia Ariawan menyebut penghargaan yang diberikan kepada Kideco merupakan hasil dedikasi atas upaya perbaikan dan penyempurnaan kualitas laporan berkelanjutan operasional bisnis.

"Kideco juga berkomitmen pada pengungkapan informasi yang akurat dan relevan kepada para pemangku kepentingan. Penghargaan ini diharapakan dapat memperkuat capaian sebagai perusahaan yang akuntabel dan bertanggung jawab," ucap Kurnia.

Ia menambahkan, Kideco mengedepankan transparansi, integritas, dan dedikasi dalam menjalankan praktik bisnis yang berkelanjutan. "Kideco berharap bahwa prestasi ini akan menjadi inspirasi bagi perusahaan lain dalam membangun masa depan yang lebih baik dan bertanggung jawab," tutup Kurnia.

Untuk diketahui, penghargaan ASRRAT membagikan peringkat pelaporan terdirii lima tingkatan, yaitu Platinum, Gold, Silver, Bronze, dan White (No Trophy). Penilaian ini dilakukan oleh panel juri dan penilai dari kalangan akademisi bersertifikasi sebagai Sustainability Reporting Specialists.

Sekadar diketahui, penyelenggaraan ASRRAT telah dimulai sejak 2005. Tak hanya dari Indonesia, acara ini turut diikuti 4 perusahaan asing yang berasal dari Filipina, Bangladesh, Rusia, dan Australia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: