Maratua Jazz Bidik 3.000 Wisatawan, Promosi hingga Rusia

Maratua Jazz Bidik 3.000 Wisatawan, Promosi hingga Rusia

Para pelaku UMKM diharapkan mendapat dampak positif dari gelaran Maratua Jazz 2023.-(Disway/Udn)-

Berau, NOMORSATUKALTIM - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Berau, siapkan kegiatan Maratua Jazz yang akan diselenggarakan di Pulau Maratua, Kecamatan Pulau Derawan pada Tahun 2023 ini.

Persiapan dilakukan melalui tahapan pelelangan dan pengajuan hingga pembetukan Pokja (Kelompok Kerja).

Kabid Pemasaran Pariwisata, Disbudpar Kabupaten Berau, Fitriyansyah mengatakan, pihaknya telah mempromosikan event tersebut hingga ke Rusia, melalui kerja sama dengan Yayasan Berau Lestari dan Warta Jazz.

Promosi ini dilakukan agar dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dari luar daerah maupun luar negeri.

"Ini merupakan salah satu strategi promosi, kami promosikan sampai ke Rusia, agar kunjungan wisatawan meningkat," jelasnya, Senin (16/10/2023).

Dikatakannya, bahwa pihaknya menargetkan kurang lebih 3.000 wisatawan yang akan menyaksikan acara Maratua Jazz tersebut.

Diharapkannya dapat masuk ke Berau dan dapat meningkatkan ekonomi kreatif (Ekraf), maupun penginapan yang ada di Pulau Maratua. Dampak akhirnya tentu saja Pendapatan Asli Daerah (PAD) meningkat.

"Maratua jazz saat ini telah kita daftarkan dalam event nasional. Target kami bukan hanya pada pelaksanaannya saja, tetapi juga sampai dengan setelah pelaksanaannya,'' ujarnya.

Untuk itu, dirinya berpesan kepada masayarakat, khususnya di Pulau Maratua, agar dapat menjaga kebersihan pantai dan juga menjaga kelestarian wisata laut yang ada di Berau.

"Maratua jazz ini sudah kita daftarkan menjadi event nasional. Dan dari Disparda telah memberikan pelatihan khusus, terutama pemandu wisata," ungkapnya.

Sementara itu, Ridwansyah, selaku Bidang Pemasaran Disbudpar Berau, menyebut gelaran Maratua Jazz memiliki dua alternatif tempat, yaitu di sekitar Kantor Camat Maratua dan di pelabuhan.

"Yang jelas, setelah ditentukan pemenang lelang Maratua jazz ini, kami sudah harus berada di sana," ujar Ridwan.

Dirinya berharap, event yang didanai APBD murni ini, dapat mengundang UMKM di 13 Kecamatan.

Kemeriahan kegiatan tersebut, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan UMKM dari 13 Kecamatan.

"Kalau yang untuk UMKM memang kita mengundang di 13 kecamatan. Dan juga harapan kami, 13 kecamatan tersebut dapat ikut serta mengembangkan pariwisata di Berau," tandasnya. (UDN)

<!-- [if gte mso 9]> <w:LsdExceptio

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway kaltim