Pelayanan Pemasangan Baru PDAM Masih Sulit, DPRD Balikpapan Sorot Direksi Baru PTMB
Balikpapan, nomorsatukaltim.com - Ketua Komisi II DPRD Kota Balikpapan, Suwanto angkat bicara terkait keluhan masyarakat yang belakangan ini masih sulit mendapatkan pelayanan pemasangan baru PDAM atau Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB). "Saya berharap direksi yang ada ini yang dipercaya oleh Wali Kota walaupun masih plt, mampu menjalankan tugasnya. Sehingga permasalahan air bersih di Kota Balikpapan bisa berkurang," ujar Suwanto di gedung DPRD Balikpapan, Selasa (8/11/22). Sekarang ini, lanjutnya, banyak persoalan di PTMB. Seperti permasalahan air mati hingga kerusakan disebabkan banyak pipa yang sudah berumur lebih hari 30 tahun. Oleh karena itu menurut Suwanto, PTMB sudah mesti ambil langkah untuk perbaikan. Begitu juga menyangkut pemasangan sambungan baru air PTMB khusus bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Di mana warga hingga saat ini sudah menunggu program itu bertahun-tahun lamanya namun tidak kunjung terealisasi. "Masalah MBR, sering kali alasannya karena air baku yang tidak ada. Harusnya PDAM cari solusinya. Jangan hanya mengatakan tidak ada air baku," tegasnya. Suwanto mengaku, memang untuk MBR tersebut ada bantuan dari pemerintah untuk Sambungan Rumah (SR) yang merupakan sambungan pipa distribusi PTMB menuju meteran pipa rumah tangga. "Memang ada bantuan pemerintah SR bukan gratis tapi dibayarkan pemerintah, baik dari kota, provinsi, atau dari pemerintah pusat. Jadi kita harapkan sesuai RPJMD (Rencana pembangunan jangka menengah daerah) Wali Kota Balikpapan di mana 80% harus bisa terpenuhi. Tapi sampai saat ini memang belum ada data berapa titik yang dikeluhkan warga," katanya. Terakhir ia memeberi informasi kalau dalam waktu dekat ini Komisi II DPRD Kota Balikpapan akan memanggil kembali pihak PTMB dan OPD terkait guna melaksanakan RDP bersama .(adv/ale)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: