Bankaltimtara

Penumpang Nataru 2025/2026 di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Diprediksi Naik

Penumpang Nataru 2025/2026 di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Diprediksi Naik

Posko Nataru di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Senin (15/12/2025). -Chandra/ Disway Kaltim-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025/2026, berbagai persiapan telah dilakukan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Di antaranya yakni mendekorasi setiap sudut dengan tema suasana Natal.

Berbagai hiasan kado serta pohon Natal dan Santa Klaus meramaikan perjalanan calon penumpang udara di bandara ini.

Selain itu, di lantai 3 lobby keberangkatan bandara, telah dipersiapkan Posko Nataru selama musim libur, mulai Senin 15 Desember 2026 hingga 4 Januari 2026 mendatang.`

PT Angkasa Pura Indonesia (AP Airports) Regional VI pun menurunkan tim khusus, untuk mempercepat proses penanganan bagasi di sejumlah bandara jelang musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024-2025.

BACA JUGA:Ormawa Uniba Gagas Aksi Kemanusiaan untuk Korban Banjir Sumatra, Donasi Tembus Rp20 Juta

Langkah ini diambil untuk mengatasi keterlambatan waktu pelayanan yang terjadi.

CEO Regional VI PT Angkasa Pura Indonesia, Farid Inda Nugraha menjelaskan, pihaknya memastikan seluruh petugas telah memahami ketentuan dan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

Namun, masih terdapat keterlambatan dari segi waktu pelayanan.

"Upaya kami adalah menurunkan beberapa tim untuk mempercepat proses. Kami yakin bahwa teman-teman sudah memahami ketentuan dan SOP-nya," ujar Farid, usai membuka Posko Nataru 2025/2026 di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, pada Senin 15 Desember 2025.

BACA JUGA:SUP dan Silvofishery Jadi Pintu Masuk Pengembangan Ekowisata di Balikpapan

"Namun demikian, kami merasa bahwa ada keterlambatan dari segi waktu, sehingga kami mencoba mengupayakan beberapa bandara untuk menurunkan tim khusus yang akan mempercepat dan membantu dari sisi penanganan bagasi," sambungnya.

Farid menyebut, langkah penurunan tim khusus untuk penanganan bagasi ini menjadi pembeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Selain penanganan bagasi, AP Airports juga menerapkan SOP terkait manajemen delay yang selama ini sering terabaikan oleh maskapai penerbangan.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: