PASER, NOMORSATUKALTIM - Komisi I DPRD Kabupaten Paser melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kandilo di Desa Tepian Batang, Kecamatan Tanah Grogot, Selasa (4/3/2025).
Sidak dilakukan atas dasar kualitas pelayanan Perumdam Tirta Kandilo yang kerap dikeluhkan oleh para pelanggan. Termasuk soal air bersih yang tidak terdistribusi dengan maksimal.
Ketua Komisi I DPRD Paser, Kasri mengatakan perlu dilakukan pembenahan terkait pengolahan air baku saat meninjau langsung Instalasi Pengolahan Air (IPA).
“Fasilitasnya memang saya lihat kurang memadai, tidak maksimal, sehingga distribusi air ke masyarakat tidak maksimal, ini perlu dibenahi ke depannya,” kata Kasri.
BACA JUGA: Dewas Perumdam Tirta Kandilo Angkat Bicara soal Rekomendasi Pemecatan Direktur
BACA JUGA: DPRD Paser akan Layangkan Rekomendasi Pemecatan Direktur Perumdam Tirta Kandilo
Selain itu, keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) dinilai juga menjadi salah satu faktor penyebab pelayanan di Perumdam Tirta Kandilo tidak maksimal.
Termasuk temuan soal bidang pekerjaan yang tidak sinkron.
Dengan demikian, melalui sidak tersebut DPRD berharap agar pelayanan air bersih bisa lebih ditingkatkan.
Apalagi air bersih menjadi satu di antara kebutuhan dasar masyarakat.
BACA JUGA: THM dan Panti Pijat di Paser Dilarang Buka Selama Ramadan
BACA JUGA: Sekda Paser Ingatkan Transparansi Kelola Keuangan Desa saat Lantik 4 Anggota BPD
“Kami berharap dari Perumdam ini bagaimana agar bisa memberikan pelayanan yang maksimal,” tuturnya.
Meskipun kinerja Perumdam Tirta Kandilo kerap mendapat sorotan dari DPRD Paser, ia memastikan hal itu murni untuk meningkatkan kinerja manajemen.
“Kami tidak bermaksud untuk mencari kesalahan, dengan sidak ini harapannya agar ke depannya Perumdam bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” jelasnya.