Mengenal Lebih Dalam Museum Sadurengas Kabupaten Paser

Minggu 18-08-2024,14:45 WIB
Reporter : Achmad Syamsir Awal
Editor : Tri Romadhani

Total terdapat sekira 150 benda bersejarah yang disimpan di Museum Sadurengas.

Dimulai Lou Opak, biasa disebut rumah adat Paser dari kulit kayu. Rumah ini berbentuk panggung, yang setiap tiang atau tongkatnya terbuat dari bahan kayu ulin/kayu bulat. Lantai dari bahan bambu botung.

Dinding yang digunakan oleh masyarakat paser dahulunya adalah dari bahan kulit kayu sungkai. Kemudian atap rumah terbuat dari kulit kayu sungkai yang pada bagian bubungan terbuat dari bahan ijuk pohon aren.

Tiap paku terbuat dari pasak kayu ulin. Pintu dan jendela dibuat dari bahan kulit kayu sungkai. Hanya list plang yang dibuat dari kayu ulin/kayu bengkirai.

Selain itu ada Lingga Yoni. Dalam agama Hindu diartikan sebacai lambang kesuburan. Dengan adanya lingga yoni disuatu tempat menandakan bahwa tempat tersebut adalah daerah yang subur. Lingga yoni paling sering ditemukan berada di dekat candi.

BACA JUGA : Bakpia 99 Paser Mejeng saat Upacara Kemerdekaan di IKN Nusantara

Lingga berbentuk batu tegak seperti kemaluan laki-laki dengan bentuk bujur sangkar pada bagian paling bawah, segi delapan pada bagian tengah dan bulat di bagian teratas. Lingga berasal dari kata sansekerta yang berarti tanda, eiri, isyarat, bukti dan keterangan.

Serta terdapat alat rumah tangga, alat kesenian, alquran tulis tangan, pakaian Kesultanan Paser, serta kerangka ikan paus sepanjang 12 meter. Benda-benda ini ada titipan dari ahli waris dan sebagian atau sekira 80 persen telah dihibahkan ke pemerintah daerah.

Koleksi peninggalan kuno ada yang berstatus milik Museum Sadurengas dan sebagian lainnya punya ahli waris yang dititipkan atau yang telah diserahkan kepada Pemkab Paser, dibuatkan berita acara yang dipegang oleh pemerintah daerah dan juga oleh ahli waris.

BACA JUGA : Pesona Paetongtarn Shinawatra: Perdana Menteri Thailand Termuda, Modis dalam Berbusana

Bagian dalam museum terdapat pakaian sultan 1885 Masehi, kemudian ada borax lambang kerajaan Islam Mo Tana Benuo Paser, foto-foto zaman belanda, uang kuno, serta kamar putri zaman Kerajaan Museum Sadurengas.

Sementara untuk ramainya saat hari besar keagamaan.

"Kalau ramainya biasa hari kedua Idulfitri," tutup Hermansyah.

Kategori :