Honorer Pemkab Paser Lolos Verval Dijamin Diangkat PPPK 2024

Sabtu 20-07-2024,10:40 WIB
Reporter : Achmad Syamsir Awal
Editor : Hariadi

PASER, NOMORSATUKALTIM - Kabar baik untuk tenaga honorer atau pegawai tidak tetap (PTT) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser, Kalimantan Timur (Kaltim). 

Pasalnya, bagi yang namanya masuk database, besar kemungkinan bakal lolos menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Suwito mengatakan, jika sebelumnya untuk pengangkatan terdapat ketentuan dengan mengacu pada lamanya mengabdi di lingkungan Pemkab Paser.

BACA JUGA: Jalan Yos Sudarso Siring Kandio Paser Bakal Dipasang CCTV

"Tapi sekarang ada formal khusus yang menyatakan bahwa terpenting masuk database akhir Desember 2021," kata Suwito, Sabtu (20/7/2024).

Adanya angin segar ini jadi penenang sementara bagi tenaga honorer, khususnya yang telah mengabdi puluhan tahun maupun sebelumnya pernah ikut tes PPPK, namun tidak lolos. 

Dirinya mengemukakan, jika Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberi jaminan bagi honorer yang masuk database serta lolos verifikasi dan validasi (verval) diupayakan lolos PPPK.

BACA JUGA: Pasca Kejadian Meninggalnya Seorang Balita, Pj Gubernur Kaltim Lakukan Evaluasi RSUD AWS

Apalagi pemerintah menargetkan akhir Desember 2024 semua tenaga honorer telah diangkat menjadi PPPK. Sehingga tahun tak ada lagi PTT. "Insya Allah akan lolos menjadi PPPK yang penting masuk database," terangnya.

Meski peluang menjadi PPPK sangat besar, Suwito tetap meminta untuk mempersiapkan segalanya untuk tes. Guna tak gugup dan jadi terbiasa saat seleksi nanti, katanya BKPSDM bekerja sama dengan BKN akan melalukan pelatihan lebih dulu.

BACA JUGA: Korupsi Anggaran TPP, Tiga Pegawai RSUD Abdul Wahab Sjahranie Ditetapkan Tersangka

"Kami akan memfasilitasi PTT yang kurang memahami komputer dan akan dilatih. Sehingga saat tes nanti tidak grogi dan bisa jawab," jelasnya.

Namun sampai saat ini jadwal pelaksanaan tes bagi 3.408 tenaga honorer belum diketahui pasti. Pasalnya, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) masih melakukan verifikasi dan validasi (verval) database.

"Sebelum tes PPPK lebih dulu dilaksanakan seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) akhir Juli hingga awal Agustus," pungkas Suwito.

Kategori :