Upaya Turunkan Angka Stunting, Pemkab Berau Gelar Festival Pangan

Selasa 16-07-2024,22:30 WIB
Reporter : Sahruddin
Editor : Tri Romadhani

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, membuka Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) 2024 di Ruang RPJPD Bapelitbang Berau pada Selasa, 16 Juli 2024.

Acara ini bertujuan untuk mendorong diversifikasi konsumsi pangan dan memenuhi kebutuhan gizi masyarakat dengan memanfaatkan potensi dan kearifan lokal guna menciptakan kehidupan yang sehat dan aktif.

Sri Juniarsih menekankan pentingnya produksi pangan berbasis B2SA, terutama dalam upaya mempercepat penurunan angka stunting di Bumi Batiwakkal.

BACA JUGA : Jaksa KPK Ajukan Banding Atas Putusan SYL terkait Pemerasan di Lingkungan Kementan

"Selain itu, kami juga menggalakkan gerakan makan sayur, buah, telur, dan susu sebagai kampanye pemenuhan gizi anak-anak," ujarnya.

Keanekaragaman konsumsi pangan juga dianggap penting untuk mengembangkan ragam pangan yang dikonsumsi oleh generasi muda.

BACA JUGA : Komitmen Pemprov Kaltim Gunakan Barang Ramah Lingkungan

Festival ini memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya makanan bergizi.

"Saat ini, banyak anak-anak yang lebih menyukai makanan cepat saji yang tidak memenuhi standar gizi," tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Berau berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dan mendorong produktivitas alam di Bumi Batiwakkal, serta memiliki visi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui optimalisasi sektor hilir.

Kepala Dinas Pangan Berau, Rakhmadi Pasarakan, menambahkan bahwa festival ini bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang konsumsi pangan berimbang dan pemahaman mengenai B2SA.

BACA JUGA : Pemkab Berau Sambut Kedatangan Ratusan Jemaah Haji yang Tiba dari Tanah Suci

Festival ini juga bertujuan memperkenalkan sumber pangan selain beras dan terigu kepada masyarakat.

"Diharapkan setelah festival ini, menu B2SA bisa diaplikasikan oleh masyarakat. Kami akan terus mensosialisasikan menu ini ke sekolah-sekolah," pungkasnya.

Kategori :