OIKN Gelar Konsultasi Publik Peta Jalan Pendidikan di Balikpapan

Senin 08-07-2024,22:49 WIB
Reporter : Chandra
Editor : Devi Alamsyah

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menggelar Konsultasi Publik Peta Jalan Pendidikan di Balikpapan, pada Senin 8 Juli 2024.

Agenda tersebut bertujuan untuk memastikan pembangunan fasilitas pendidikan berkualitas di wilayah Nusantara. Peta Jalan Pendidikan IKN sendiri yakni panduan strategis untuk pengembangan jangka panjang pendidikan di Nusantara.

Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN, Suwito, menyatakan bahwa Peta Jalan Pendidikan ini disusun bersama Kementerian Pendidikan dan Tim Inovasi Pendidikan Tanoto.

“Kami percaya bahwa draf yang dihasilkan adalah upaya terbaik kami, namun kami juga menyadari bahwa konsultasi publik sangat penting untuk memperbaiki dan memperkaya peta pendidikan ini,” ujar Suwito.

Baca Juga:

Kesbangpol Mahulu Gelar Pendidikan Politik untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya turut mengundang masukan dari masyarakat untuk memastikan proyek ini memberikan manfaat maksimal bagi semua yang terlibat.

Selain itu menurut Suwito, kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dari akademisi, praktisi, dan masyarakat terkait Peta Jalan Pendidikan IKN serta Pedoman Pelayanan Kesehatan IKN.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menyusun langkah-langkah strategis dalam pengembangan pelayanan pendidikan di Nusantara, serta membangun sinergi antara pemerintah, akademisi, praktisi dan masyarakat, dalam pembangunan dan pelayanan di bidang pendidikan,” jelas Suwito.

Baca Juga:

Melalui Teknologi, Kelas Pintar Tingkatkan Mutu Pendidikan Balikpapan

Sementara itu, menanggapi hal tersebut, Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN, Alimuddin, menyatakan harapannya agar peserta kegiatan memberikan masukan yang akan membuat pendidikan lebih baik.

"Dengan menanggapi keluhan-keluhan dari masyarakat dan memperbaiki regulasi bersama-sama, kami berharap lembaga pendidikan mampu melayani peserta didik dengan baik, termasuk dalam memfasilitasi kemampuan seni, akademik, dan olahraga,” tutur Alimuddin.

Menurutnya, semua rangkaian program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara holistik.

Dengan dukungan dari berbagai pihak, pihaknya berkomitmen untuk terus memperbaiki dan mengembangkan sektor pendidikan di wilayah Nusantara dan sekitarnya.

“Hal ini adalah demi meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh dan memberikan dampak positif bagi masyarakat,” pungkas Alimuddin. (*)

Kategori :