Pemkab Berau Luncurkan Siap Didik untuk Transformasi Pendidikan

Pemkab Berau Luncurkan Siap Didik untuk Transformasi Pendidikan

Program Siap Didik diharapkan dapat mentransformasi layanan Dinas Pendidikan, sehingga lebih mudah diakses oleh masyarakat dan mampu memberikan pelayanan yang lebih memuaskan.-Sahruddin -nomorsatukaltim.disway.id

BERAU, NOMORSATUKALTIM – Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan membudayakan literasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui Dinas Pendidikan menggelar Festival Literasi Berau 2024 sekaligus meluncurkan proyek perubahan bernama Siap Didik.

Acara ini berlangsung di SM Tower Hotel pada Jumat (18/10/2024) dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait.

Sekretaris Kabupaten Berau, Muhammad Said, yang mewakili Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Berau, Sufian Agus, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Pemkab Berau dalam menciptakan masyarakat yang cerdas, unggul, dan berdaya saing melalui pembudayaan literasi.

Menurut Said, literasi bukan hanya tanggung jawab Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip), tetapi juga menjadi kewajiban Dinas Pendidikan dan seluruh perangkat daerah lainnya.

"Pembudayaan literasi bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjadi fondasi bagi kemajuan sumber daya manusia di Kabupaten Berau," jelas Said dalam sambutannya.

BACA JUGA: Pendidikan Perubahan Iklim Wajib Diajarkan di Sekolah, Ini yang Dipelajari Nanti (disway.id)

Ia menambahkan, peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan prioritas utama Pemkab Berau, mengingat SDM yang unggul merupakan kunci dalam membangun daerah.

Program literasi, menurutnya, berperan penting dalam mencapai tujuan tersebut.

Kabupaten Berau telah menorehkan sejumlah prestasi di bidang literasi, termasuk akreditasi dan standardisasi dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

Selain itu, perpustakaan di kampung-kampung juga aktif melaksanakan program inklusi, yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui literasi.

"Saya ingin kita mempertahankan prestasi ini, bahkan lebih baik lagi di masa mendatang," tegas Said. Ia juga mendorong adanya inovasi dan program terpadu dari berbagai perangkat daerah untuk terus meningkatkan mutu pendidikan.

BACA JUGA: Pemkab Berau Berupaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Berau (disway.id)

Dalam acara tersebut, Pemkab Berau juga secara resmi meluncurkan proyek perubahan Siap Didik. Proyek ini diharapkan dapat mentransformasi layanan Dinas Pendidikan, sehingga lebih mudah diakses oleh masyarakat dan mampu memberikan pelayanan yang lebih memuaskan.

"Saya yakin proyek Siap Didik ini akan mempercepat peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Berau," ungkap Said.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: