Mentimun Bisa Redakan Gejala Asam Urat, Simak Manfaat Lainnya

Mentimun Bisa Redakan Gejala Asam Urat, Simak Manfaat Lainnya

Mentimun sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan.-istimewa-

 

NOMORSATUKALTIM - Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena penumpukan kristal asam urat.

Menurut laman Kemenkes, kondisi ini bisa menyebabkan gejala nyeri, pembengkakan, dan rasa panas di area persendian yang membuat tidak nyaman.

Selain obat, ada beberapa jenis makanan, buah atau sayuran yang bisa membantu meredakan gejala asam urat. Salah satunya adalah mentimun.

Buah yang sering ditemui dalam hidangan sehari- hari ini bisa membantu meredakan gejala asam urat karena memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat.

BACA JUGA: Kenali Faktor Penyebab dan Gejala Kanker Usus Besar, Cegah Sebelum Terlambat

BACA JUGA: Rutin Minum Kopi Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan Bila Dikonsumsi Sesuai Batas Aman

Kadar Air yang Banyak

Mentimun diketahui mengandung kadar air yang sangat tinggi. Sementara air mampu mengeluarkan asam urat dari tubuh. Minum banyak air bisa membantu mencegah asam urat yang menumpuk.

Air menyumbang lebih dari 95 persen dari berat mentimun. Sehingga, mengonsumsi mentimun bisa meningkatkan asupan harian dan membantu mencegah gejala asam urat.

Sifat Anti-Inflamasi

 

Buah yang mudah ditanam di Indonesia ini mempunyai sifat anti-inflamasi berkat senyawa flavonoid. Mengutip laman Fruitonix, senyawa ini terbukti bisa mengurangi peradangan dalam tubuh, meredakan nyeri, dan pembengkakan yang disebabkan serangan asam urat.

BACA JUGA: Obesitas Mengancam Kesehatan Ibu Selama Masa Kehamilan

BACA JUGA: Sehat Mana Gula Pasir dan Gula Batu? Kenali Pemanis Alternatif Pengganti Gula

Mengandung Purin yang Rendah

Asam urat berasal dari pemecahan zat bernama purin yang ditemukan dalam banyak makanan. Sehingga, penderita asam urat perlu melakukan diet rendah purin.

Menurut laman Live Strong, mentimun memiliki kandungan purin yang sangat rendah, yaitu hanya 7,3 mg dalam setiap 100 gramnya.

Jika dilakukan perbandingan, makanan lainnya bisa mengandung lebih dari 200 mg purin dalam setiap 100 gramnya. Contohnya, dalam 100 gram ikan teri terdapat sebanyak 411 mg purin.

Oleh karena kadar purinnya yang rendah, mentimun bisa menjadi menu ideal untuk mencegah asam urat.

BACA JUGA: Buktikan Khasiat Konsumsi Jahe Campur Kunyit untuk Kesehatan

 

Manfaat Lain untuk Kesehatan

 

Manfaat mentimun tidak hanya mencakup hidrasi dan kandungan kalorinya yang rendah. mentimun juga memberikan berbagai manfaat kesehatan yang sangat signifikan, seperti:

Menurunkan Kadar Lemak dalam Darah

Kandungan serat yang tinggi dalam mentimun membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah sehingga mampu mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Anti Diabetes

mentimun mengandung senyawa seperti cucurbitacin dan magnesium yang dapat membantu mengatur kadar gula darah yang juga membantu pencegahan dan pengelolaan diabetes.

Memiliki Efek Antioksidan yang Kuat

 

Mentimun mengandung antioksidan seperti flavonoid dan tannin yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi risiko kerusakan sel.

BACA JUGA: Makan Tengah Malam Ternyata Mengandung Risiko Penyakit

 

Menyaring Racun dari Tubuh (Detox)

 

Kandungan air yang tinggi dalam mentimun berperan dalam proses detoksifikasi tubuh dengan membantu membuang racun dan limbah jahat dari sistem pencernaan.

Meredakan Iritasi pada Kulit

Kandungan air mentimun sangat tinggi sehingga dapat memberikan efek pendingin dan mengurangi peradangan pada kulit, sehingga membantu meredakan iritasi pada kulit atau pada kondisi seperti mata yang iritasi.

Selain manfaat di atas, biji timun juga mengandung flavonoid, tanin, saponin, dan steroid, yang bermanfaat untuk kesehatan seperti melindungi hati, mengurangi peradangan, serta bisa menghambat dalam pertumbuhan kanker.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: