800 Penari Massal Meriahkan Pembukaan Festival Erau Adat Pelas Benua 2024

800 Penari Massal Meriahkan Pembukaan Festival Erau Adat Pelas Benua 2024

ratusan penari pada pembukaan Erau 2024-(Disway/Ari)-

KUTAI KARTANEGARA, NOMORSATUKALTIM – Pembukaan Festival Erau Adat Pelas Benua 2024 yang diselenggarakan pada Sabtu 21 September2024 di Stadion Rondong Demang, Kecamatan Tenggarong, berlangsung sangat meriah.

Mengawali rangkaian kegiatan tahunan tersebut, sebanyak 800 penari massal menampilkan tarian adat khas Kutai. Ribuan warga dari berbagai daerah turut hadir menyaksikan acara yang digelar di jantung Kabupaten Kutai Kartanegara itu.

Erau Adat Pelas Benua 2024 kali ini mengusung tema “Memajukan Kebudayaan, Mengagungkan Peradaban Nusantara.”

Acara ini tidak hanya menjadi simbol kelestarian budaya lokal, tetapi juga mengundang perhatian publik sebagai agenda pariwisata utama Kutai Kartanegara yang selalu dinantikan setiap tahunnya.

BACA JUGA : Deklarasi Akbar Dendi-Alif Disambut Antusias Ribuan Masyarakat Kukar

Pembukaan resmi Festival Erau dilakukan oleh Sultan Kutai, Sultan Aji Muhammad Arifin, dan Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah.

Edi menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya acara tersebut dan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam persiapan hingga pelaksanaan.

"Alhamdulillah, pagi ini kita resmi membuka Festival Erau Adat Pelas Benua 2024. Terima kasih kepada Sultan Aji Muhammad Arifin yang telah membuka acara ini, serta kepada seluruh panitia dan masyarakat yang telah turut serta dalam mempersiapkan acara besar ini," kata Edi, pada Sabtu 21 September 2024.

Ia juga menekankan pentingnya pelestarian tradisi dan budaya melalui kegiatan seperti Erau.

BACA JUGA : Relawan Damkar: Pernah Diminta Kerjakan PR Matematika

Lanjut Edi, Erau merupakan pesta adat yang menjadi ajang untuk menjaga tradisi, melestarikan adat-istiadat di Tanah Kutai, serta memberikan hiburan bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Kami berharap melalui festival ini, masyarakat dapat lebih menghargai dan mencintai warisan budaya daerah," tambah Edi.

Selama sepekan kedepan, dari 21 hingga 30 September 2024, berbagai kegiatan seni, budaya, dan olahraga tradisional akan digelar dalam rangkaian Festival Erau.

Acara ini juga bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-242 Kota Tenggarong, yang semakin menambah kemeriahan festival.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: