Kapal Nelayan Terbakar di Perairan Kukar, KRI Layang 635 Evakuasi Korban ke Balikpapan

Kapal Nelayan Terbakar di Perairan Kukar, KRI Layang 635 Evakuasi Korban ke Balikpapan

Proses evakuasi korban kebakaran kapal oleh personel TNI AL dan Tim SAR untuk dibawa ke RS Bhayangkara Balikpapan, Senin (9/9/2024).-(Disway Kaltim/ Chandra)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Sebuah kapal nelayan terbakar di kawasan perairan Muara Pegah, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, pada Senin (9/9/2024) dini hari. 

Sebanyak 4 korban dalam insiden tersebut, berhasil diselamatkan oleh Pasukan TNI AL yang mengawaki Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Layang 635.

Namun 1 korban di antara dalam kondisi sangat kritis, sehingga nyawanya gagal diselamatkan saat dievakuasi menuju pelabuhan terdekat.

Komandan Satuan Gugus Tempur Laut Koarmada II, Kolonel Laut (P) Yosafat Indarto mengonfirmasi bahwa evakuasi ini berlangsung saat KRI Layang sedang menjalankan Operasi Tri Dharma 01 untuk patroli rutin di perairan tersebut.

BACA JUGA: 23 Tahun Jadi Penggali Kubur Sukarela, Bripka Joko Dapat Apresiasi Kapolri dan Kapolres Samarinda

BACA JUGA: Buka MTQN XXX di Samarinda, Jokowi Sentil Keberadaan Medsos Kalahkan Media Mainstream

"Kejadian ini berlangsung saat kami tengah melakukan patroli di perairan Muara Pegah dalam rangka Operasi Tri Dharma 01," ujar Kolonel Laut (P) Yosafat Indarto, di dermaga Pelabuhan Semayang, Balikpapan, pada Senin (9/9/2024).

Saat berpatroli, ujarnya, prajurit yang berada di KRI Layang 635 melihat api berkobar dari sebuah kapal nelayan yang tak jauh dari posisi mereka. 

“Kejadian awal tidak kami ketahui secara detail, namun sekitar pukul 00.15 Wita, kami menerima laporan bahwa kapal tersebut sudah terbakar," jelas Indarto.

Setelah menerima laporan, kru KRI Layang 635 segera bergerak dengan menurunkan sekoci untuk melakukan penyelamatan. 


Korban kebakaran kapal nelayan di perairan Muara Pegah, Kukar berhasil diselamatkan oleh kru KRI Layang 635.-(Disway Kaltim/ Chandra)-

BACA JUGA: Tindak Dugaan Pungli di SDN 021 Tanjung Redeb, Disdik Berau Akan Lakukan Koordinasi Internal

BACA JUGA: Meski Mpox Belum Terdeteksi di Kaltim, Masyarakat Diminta Tetap Waspada

Di lokasi kejadian, mereka menemukan 4 orang korban yang sudah berada di air, sementara kapal nelayan mereka telah hangus terbakar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: