DPRD Kutim Terima Kunjungan Puluhan Siswa SMP Negeri 1 Rantau Pulung

DPRD Kutim Terima Kunjungan Puluhan Siswa SMP Negeri 1 Rantau Pulung

Anggota DPRD Kutim, Yan. (ist)--


KUTIM, NOMORSATUKALTIM
–Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutim menerima kunjungan puluhan siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri 1 Rantau Pulung, di Ruang Panel, Gedung DPRD, Rabu (15/5/2024) pagi.

Anggota DPRD Kutim, Yan, menyambut rombongan dan memberikan pemahaman tentang tugas dan fungsi DPRD.

Yan bilang, pemilihan umum (Pemilu) serentak yang berlangsung Februari lalu merupakan salah satu proses demokrasi yang saat ini dilaksanakan di Indonesia. Tahapannya bisa disaksikan secara langsung oleh masyarakat. Salah satunya pemilihan anggota legislatif.

Setelah proses Pemilu berakhir, dan dilakukan verifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Setiap calon anggota dewan yang memiliki suara terbanyak, berhak duduk di kursi DPRD yang mewakili masing-masing daerah pemilihan (Dapil).

“Untuk DPRD Kutai Timur, jumlahnya 40 anggota dewan  termasuk unsur pimpinan. Kenapa 40 orang, karena kuota anggota dewan berdasarkan jumlah penduduk yang ada di wilayah tersebut. Kalau di Kutim jumlah penduduknya kurang lebih 400 ribu, sehingga jumlah anggota dewannya 40 orang. Nanti kalau jumlah penduduk kita bertambah, maka secara otomatis jumlah anggota dewan juga akan bertambah,“ ujarnya.

Ketua Komisi D Bidang Kesejahteraan Rakyat ini membeberkan, DPRD Kutim sendiri memiliki alat kelengkapan dewan yang terdiri dari Badan Musyawrah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) serta Badan Kehormatan (BK).

“DPRD Kutim juga memiliki empat komisi yakni komisi A berkaitan dengan pemerintahan, komisi B membidangi perekonomian dan keuangan, sedangkan komisi C menaungi bidang pembangunan, dan terakhir, komisi D di bidang kesejahteraan rakyat,” jelasnya. (*/adv/one)

Post View: website counter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: