Gelar Simulasi Sispamkota, Polres Mahulu Peragakan Cara Hadapi Unjuk Rasa

Gelar Simulasi Sispamkota, Polres Mahulu Peragakan Cara Hadapi Unjuk Rasa

Simulasi Sispamkota di Polres Mahulu jelang Pilkada 2024 (Iswanto-Disway Kaltim).--

MAHAKAM ULU, NOMORSATUKALTIM - Jajaran Polres Mahakam Ulu (Mahulu) melaksanakan kegiatan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) untuk pengamatan Pilkada serentak 2024, Kamis (22/8/2024).

Kegiatan yang melibatkan ratusan personel gabungan TNI-POLRI dan beberapa stakeholder terkait ini turut mensimulasikan beberapa potensi kericuhan yang mungkin terjadi pada Pilkada 2024.

Dalam kegiatan ini diskenariokan ketika kampanye calon bupati, kemudian mendadak ada sekelompok orang datang melakukan penyerangan terhadap calon.

Skenario serupa juga dilakukan saat sekelompok orang melakukan protes dan unjuk rasa di TPS hingga saat penetapan suara pasangan calon di KPU.

BACA JUGA : Bonifasius Sebut Ada Oknum Pimpinan Daerah Gunakan Politik Pecah Belah di Pilkada 2024

Aksi saling dorong dan saling lempar antara aparat kepolisian dan masyarakat yang melakukan unjuk rasa tak terelakan.

Aparat kepolisian kemudian membubarkan massa secara bertahap sesuai dengan eskalasi, hingga akhirnya dapat memukul mundur massa dan mengendalikan situasi.

Kapolres Mahulu, AKBP Anthony Rybok menjelaskan bahwa, semua kegiatan yang dilakukan ini semata untuk mensimulasikan segala tahapan Pilkada, termasuk mengantisipasi terjadinya aksi unjuk rasa.

“Kegiatan hari ini kita melaksanakan Sispamkota, dimana kita mensimulasikan semua tahapan-tahapan yang termasuk dalam pelaksanaan Pilkada,” jelas AKBP Anthony Rybok kepada Nomorsatukaltim.

Ia memastikan, semua tahapan Pilkada di Mahulu akan mendapat pengamanan dari aparat TNI-Polri.

BACA JUGA : Martina Wau Harap Peringatan HUT ke-79 RI Membawa Dampak Perubahan bagi Mahulu

Karena itu, menurutnya, kegiatan Sispamkota yang dilakukan sangat penting, sekaligus untuk memastikan kesiapan semua personel terhadap segala potensi yang akan terjadi.

“Jadi semua tahapan, sampai akhir tahapan yaitu pleno kita simulasikan. Kita mengecek kesiapan-kesiapan anggota dalam menghadapi situasi-situasi yang kemungkinan terjadi pada saat tahapan-tahapan yang sedang berlangsung,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa, total personel yang disiapkan untuk pengamanan Pilkada di Mahulu 2024 sebanyak 150 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: