Segini Pasokan Listrik Untuk Perayaan HUT RI ke-79 di IKN

Segini Pasokan Listrik Untuk Perayaan HUT RI ke-79 di IKN

Kesiapan listrik untuk perayaan HUT RI ke-79 di IKN, Jumat (16/8/2024) (Disway/ Chandra)--

IKN, NOMORSATUKALTIM - Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia untuk pertama kalinya akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada esok, 17 Agustus 2024.

PT PLN Persero pun mendesain sistem kelistrikan hijau di wilayah IKN ini yang diklaim ramah lingkungan, dengan kebutuhan normal sebanyak 1,5 MegaWatt.

Sedangkan untuk kebutuhan perayaan HUT ke-79 RI ini, menambah daya sebanyak 1,5 MegaWatt.

Direktur Utama PT PLN Persero, Darmawan Prasodjo mengungkapkan bahwa total daya listrik yang tersedia yakni 3 MegaWatt, sedangkan pasokan yang sudah disiapkan adalah 10 MegaWatt yang bersumber dari PLTS (Pembangkit listrik Tenaga Surya).

BACA JUGA :  Ditanya Komitmen Lanjutkan IKN, Prabowo Menyatakan Diri Siap Jadi Investor

"Pasokan yang sudah kita siapkan adalah 10MegaWatt dari PLTS yang sudah beroperasi yang nanti akan kita tambah jadi 50MegaWatt, sehingga hari ini pasokan listriknya adalah 100 persen berbasis listrik hijau," ujar Darmawan saat ditemui Nomorsatukaltim usai melakukan apel persiapan 17 Agustus di IKN, Jumat (16/8/2024).

Menurutnya, sistem kelistrikan di IKN dirancang dengan mengutamakan keberlanjutan dan ramah lingkungan. 

"Desainnya adalah sistem kelistrikan yang hijau dan ramah lingkungan. Pasokan listrik 100 persen berbasis pada listrik hijau," ujarnya.

BACA JUGA :  Kanwil BPN Kaltim Lepas Tangan Ganti Rugi Lahan Warga Terdampak Bandara VVIP IKN, Katanya:…

Untuk kebutuhan energi upacara besok, PLN telah menyiapkan pasokan sebesar 10 megawatt dari PLTS yang beroperasi, lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan total 3 megawatt. 

"Kami bahkan mengekspor 7 megawatt ke sistem interkoneksi Kalimantan," tambah Darmawan.

 


Dirut PT PLN Persero, Darmawan Prasodjo dan petugas saat mengecek kesiapan listrik untuk perayaan HUT RI ke-79 di IKN, Jumat (16/8/2024) (Disway/ Chandra)--

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: