Bupati Berau Minta Koperasi Perbesar Manfaat untuk UMKM

Bupati Berau Minta Koperasi Perbesar Manfaat untuk UMKM

Foto bersama usai upacara peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77 tahun 2024 di halaman kantor Bupati Berau.-(Disway Kaltim/ Rizal)-

Untuk itu, pihaknya tidak bosan-bosannya mengingatkan agar akuntabilitas koperasi harus terus diperkuat, tata kelola koperasi harus semakin baik sehingga koperasi semakin dipercaya oleh masyarakat. 

"Kita ingin koperasi menjadi pilihan rasional bagi tiap-tiap warga negara untuk menaruh harapan dan mengembangkan usahanya," ujarnya.

Menurutnya, berkoperasi telah ikut mengantarkan ekonomi Indonesia tumbuh semakin berkualitas seperti sekarang ini. 

"Namun, kita tidak boleh cepat berpuas diri. Kita membutuhkan lebih banyak lagi orang Indonesia yang berkoperasi. Kita membutuhkan lebih banyak lagi koperasi-koperasi sektor riil, sektor produktif yang mampu mengoptimalisasi pengelolaan sumber daya alam agar lebih adil dan mensejahterakan," katanya.

Ia menambahkan, Indonesia membutuhkan lebih banyak lagi koperasi-koperasi yang menyediakan inovasi dan teknologi sehingga menjadi ekosistem usaha yang lebih menjanjikan bagi anak-anak muda untuk berkiprah.

"Saya berharap, semangat berkoperasi itu terus kita tularkan kepada generasi muda," harapnya.

BACA JUGA: Pertunjukan Seni Kini Rutin Digelar Sebagai Rangkaian Car Free Day di Berau

Sejalan dengan semakin banyaknya pelaku usaha mikro dan kecil yang berkoperasi, serta semakin banyaknya koperasi yang memberikan solusi terhadap akses pelaku UMKM terhadap inovasi teknologi, kemitraan, pasar, bahkan permodalan, maka semakin banyak dan cepat UMKM di Tanah Air untuk naik kelas. 

Untuk diketahui, dalam peringatan Harkopnas ke-77 ini, Pemkab Berau juga mengadakan syukuran dan Bazar UMKM di halaman kantor Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau.

Selain itu, Pemkab Berau memberikan penghargaan terhadap 10 koperasi yang aktif dalam 4 kategori.

Untuk kategori koperasi konsumen, juara I jatuh kepada Koperasi Konsumen Sakura, juara II Koperasi Karyawan Listrik Berau, dan juara III Koperasi Primer Kartika.

Selanjutnya, untuk kategori koperasi produsen, juara I jatuh kepada Koperasi Perkebunan Sawit Prima Agung, juara II Koperasi Perkebunan Biatan Bersama, dan juara III adalah Koperasi Sawit Sejahtera.

Kemudian, kategori ketiga adalah Koperasi Jasa. Juara I adalah Koperasi Jasa Bersama Kita Bisa, juara II Koperasi TKBM Pelabuhan Tanjung Batu, dan juara III Koperasi Jasa Maju Bersama. 

Dan kategori terakhir yakni Koperasi dengan pelayanan terbaik yaitu Koperasi Pengayoman Rutan Tanjung Redeb. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: