Proyek IKN akan Disetop Sementara di Bulan Agustus, Ada Apa?

Proyek IKN akan Disetop Sementara di Bulan Agustus, Ada Apa?

Komisi VII DPR RI meninjau progres pembangunan Kota Nusantara dan persiapan Upacara HUT ke-79 RI di IKN, pada Kamis (20/6/2024).-(Foto/Dok.OIKN)-

Waspadai Potensi Macet di IKN

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di IKN pada 17 Agustus 2024 merupakan momen penting yang akan menjadi upacara selamat datang bagi ibu kota baru. 

Upacara tersebut akan dilakukan secara hybrid di dua tempat, yakni di IKN, Kalimantan Timur, serta di Jakarta. 

BACA JUGA: Rute Penerbangan Yogyakarta-Berau Akan Dibuka pada Agustus Mendatang

Setelah upacara HUT ke-79 RI ini, pemerintah berencana mengadakan upacara kemerdekaan secara penuh di IKN pada tahun 2025.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, menghadiri rapat koordinasi (rakor) persiapan HUT ke-79 RI di Balikpapan. Akmal menekankan pentingnya kesiapan pelaksanaan upacara ini karena akan menjadi bagian dari sejarah nasional dan daerah di Benua Etam. 

"Intinya kita ingin persiapan pelaksanaan ini diharapkan dapat dilakukan sesempurna mungkin. Sebab, ini bagian dari sejarah masyarakat Kaltim dan Indonesia, sehingga semua harus siap," katanya.

Akmal juga menyoroti pentingnya pengamanan dan kelancaran mobilitas massa serta ketersediaan logistik pada hari pelaksanaan. 

BACA JUGA: Program WFI Tingkatkan Semangat ASN Pindah ke Ibu Kota Nusantara

"Pergerakan yang paling ramai nanti adalah pada saat 17 Agustus. Sebab, ada dua kegiatan, yaitu upacara kenaikan dan penurunan bendera. Jangan sampai kondisi ini menyebabkan kemacetan," tambahnya.

Kapolda Kaltim, Irjen Pol Nanang Avianto, juga menyatakan bahwa ini adalah kehormatan bagi Kaltim untuk terlibat dalam penyelenggaraan HUT ke-79 RI. Persiapan pengamanan dan logistik harus dilakukan dengan maksimal untuk memastikan kelancaran acara. 

"Kondisi ini tentu akan menjadi antusias masyarakat untuk menyukseskan," ujarnya.

Kasdam VI Mulawarman, Brigjen TNI Bayu Permana, menambahkan bahwa persiapan pengamanan akan dimulai sejak awal Agustus. Proses pengantaran duplikat bendera merah putih dan teks proklamasi juga sudah disiapkan untuk memastikan upacara berjalan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: