STY Masih Belum Tandatangani Perpanjangan Kontrak dengan PSSI, Tanda-tanda Ingin Tinggalkan Timnas?

STY Masih Belum Tandatangani Perpanjangan Kontrak dengan PSSI, Tanda-tanda Ingin Tinggalkan Timnas?

Pelatih Kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong hingga kini masih belum meneken perpanjangan kontraknya dengan PSSI.-(Foto/Dok.PSSI)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Kabar terbaru datang dari pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY). 

Hingga saat ini, STY belum juga menandatangani kontrak baru bersama PSSI, padahal kontraknya akan berakhir pada 30 Juni 2024. 

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengonfirmasi bahwa draft final kontrak sudah disodorkan kepada pelatih asal Korea Selatan tersebut sejak dua minggu yang lalu.

“Kita sudah memberikan final kontrak kepada coach STY hampir 2 minggu lalu,” ujar Erick Thohir kepada wartawan di Jakarta, Jumat (21/6/2024).

BACA JUGA: Timnas U-16 Sukses Bekuk Singapura 3-0, Tapi Erick Thohir Sayangkan Hal ini

Erick Thohir menjelaskan bahwa alasan di balik belum ditandatanganinya kontrak baru ini adalah kondisi kesehatan Shin Tae-yong yang menurun. 

STY sempat dirujuk ke rumah sakit jelang laga Timnas Indonesia melawan Irak pada Kamis, 6 Juni 2024. Saat ini, STY sedang berada di Korea Selatan untuk menjalani pemulihan kesehatan.

“Jadi untuk kontrak kita tunggu. Masa kita kejar-kejar kontrak orang yang lagi dalam perawatan (recovery). Kami sudah memberikan kontrak finalnya. (Responsnya) positif,” tegas Erick Thohir.

BACA JUGA: Polresta Samarinda Punya "Skuad" Baru, Siap Diturunkan untuk Pengamanan Lomba Burung Berkicau

Karena menjalani pemulihan di Korea Selatan, pelatih berusia 53 tahun ini juga dipastikan absen dalam acara drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis, 27 Juni 2024.

“Kita masih menunggu keputusan dari coach STY. Kami berharap beliau tetap bersama Timnas Indonesia karena kontribusinya sangat besar. Namun, kita juga harus memahami situasi kesehatan dan prioritas pribadinya,” ujar Erick Thohir.

Terkait situasi kontrak dengan PSSI yang masih menggantung, muncul spekulasi bahwa Shin Tae-yong mungkin akan kembali ke Korea Selatan untuk melatih timnas negaranya. 

BACA JUGA: Disebut Sebagai Pemain Titipan di Timnas U-16, Pemain ini Ternyata Punya Segudang Prestasi

Sebelumnya, Ketua Komite Penguatan Federasi Sepak Bola Korea (KFA), Jeong Hae Seong menyebut STY sebagai salah satu kandidat kuat untuk menggantikan Jurgen Klinsmann sebagai pelatih timnas Korea Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: