Jelang Inggris vs Serbia di EURO 2024, Mampukah Three Lions Akhiri Paceklik Gelar di Eropa?

Jelang Inggris vs Serbia di EURO 2024, Mampukah Three Lions Akhiri Paceklik Gelar di Eropa?

Jude Bellingham dan Harry Kane akan menjadi tumpuan serangan skuad Inggris di EURO 2024.-REUTERS-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Inggris belum pernah memenangkan trofi sepak bola apa pun sejak 1966. Perhelatan EURO 2024 kini menjadi ajang pembuktian, sekaligus mengakhiri paceklik gelar mereka.  

Bertanding perdana melawan Serbia di putaran grup di Gelsenkirchen, Senin 17 Juni 2024 dini hari nanti, Inggris sangat ingin bertekad mengakhiri paceklik gelar mereka. Jonathan Southgate, sang pelatih Inggris berjuang keras membangun tim dengan mental juara. Pria 53 tahun itu, yang juga merupakan mantan punggawa The Three Lions, mulai banyak membawa perubahan ke skuad tim nasional. 

Sejumlah catatan manis pernah ia torehkan bersama tim nasional Inggris. Southgate pernah membawa Inggris melaju ke semi final Piala Dunia 2018. Ia juga pernah mengantarkan Inggris ke final EURO 2021, namun harus kalah lewat adu penalti melawan Italia.

BACA JUGA:Banjir Kiriman Uang, Kiper Singapore Kini Ketakutan, Usai 'Bantu' China Singkirkan Thailand

Sebelum Southgate mengambil kursi kepelatihan, Inggris berada di urutan ke-13 peringkat dunia FIFA. Ketika dirinya ditunjuk sebagai pelatih pada 2016, perlahan peringkat Inggris mulai menanjak. Saat ini Inggris berada di peringkat empat dunia FIFA. 

Konsistensi Inggris selama ditukangi Southgate tentunya menjadi harapan bagi skuad The Three Lions tersebut. Sebab, terakhir kali Inggris berada di semi final di turnamen serupa yakni pada EURO 1996 silam. Berbekal sejumlah pemain debutan, Southgate ingin kembai memertahankan konsistensi hasil positif mereka, mulai dari ajang kualifikasi hingga pertandingan persahabatan yang sudah dijalani. 

Selama kualifikasi di EURO 2024, Inggris tidak pernah sekali pun menelan kekalahan. Apalagi saat ini Inggris sedang di atas kertas. Selain memiliki skuad yang mumpuni, The Three Lions berada satu grup dengan Slovenia, Denmark dan Serbia di grup C. Dimana peringkat FIFA negara-negara tadi masih jauh di bawah Inggris. Tim asuhan Southgate pun diprediksi akan keluar sebagai juara grup. 

Skuad Bertabur Bintang 

Dari segi pemain, skuad Inggris diisi oleh banyak pemain bintang. Sang gelandang, Kobbie Mainoo, kini menjadi pemain yang luar biasa di Manchester United musim ini. Ia pun baru saja melakukan debut bersama tim nasional pada Maret. Dan masih ada beberapa nama lainnya seperti Jordan Henderson, Raheem Sterling, Marcus Rashford dan Kalvin Phillips. Mereka semua merupakan pilar utama tim Southgate 

BACA JUGA:Cek Pot Drawing dan Jadwal Kualifikasi Putaran Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Terbaru Di Sini

Belum lagi dengan adanya bintan baru di timnas, Phil Foden. Penyerang Manchester City itu telah berkembang pesat dalam perannya sebagai gelandang tengah saat dimainkan oleh Pep Guardiola musim ini. 19 gol telah dicetak Foden dari posisi tersebut. Ia juga membawa City meraih gelar liga keempat secara beruntun dan membuatnya dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Primer Inggris.

Namun, Southgate enggan memainkan Foden di lini tengah dan cenderung menduetkan Declan Rice dengan gelandang bertahan lainnya. Mengingat cidera yang dialami oleh Kieran Trippier dan Luke Shaw baru-baru ini. 

BACA JUGA:Elkan Baggott Diduga Dipecat STY, Netizen Desak Minta Dipanggil Kembali

Selain Foden, lini serang Inggris juga tidak kaleng-kaleng. Jangan lupakan pemain tengah Real Madrid, Jude Bellingham, dan pencetak gol terbanyak Bundesliga, Harry Kane. Lalu ada Cole Palmer, Ollie Watkins dan Rice masuk dalam daftar Pemain Terbaik Premier League Musim Ini. 22 gol Palmer di EPL berada di urutan kedua di belakang Erling Haaland dalam perebutan Sepatu Emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: