Akhirnya Rute Penerbangan Super Air Jet dari Surabaya-Berau Resmi Mengudara

Akhirnya Rute Penerbangan Super Air Jet dari Surabaya-Berau Resmi Mengudara

Pesawat Super Air Jet yang ditumpangi Pj Gubernur Kaltim tiba dari bandara Juanda Surabaya di Bandara Kalimarau Berau. -ADPIM KALTIM-

TANJUNG REDEB, NOMORSATUKALTIM – Akhirnya maskapai Super Air Jet (Lion Group) resmi terbang dari Surabaya-Berau, pada Jumat 14 Juni 2024. Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik pun mengapresiasi dan menyebutnya sebagai penanda kemajuan penerbangan di wilayah utara Kaltim tersebut.  

Penerbangan rute Berau-Surabaya ditandai dengan upacara water salute, ketika pesawat Super Air Jet yang ditumpangi Penjabat  (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik, Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, Ketua DPRD Berau Mardi Pani dan Presiden Direktur Lion Group Kapten Daniel Putut Kuncoro Adi, mendarat di landasan Bandara Kalimarau. Mereks menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Bandara Internasional Juanda Surabaya. 

BACA JUGA:Berpotensi Sebagai Penghubung, Bandara Kalimarau Perlu Lakukan Optimalisasi Konektivitas Transportasi Udara

“Alhamdulillah akhirnya harapan masyarakat Berau terkait adanya penambahan rute baru penerbangan dari Surabaya-Berau dan sebaliknya bisa dipenuhi maskapai Super Air Jet,” ucap Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik dalam sambutannya.   

“Terima kasih kepada Presiden Direktur Lion Group beserta kru Super Air Jet. Ini menjadi tonggak sejarah untuk pengembangan Berau kedepan dan semoga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Kabupaten Berau,” sambungnya. 

Akmal Malik menjelaskan setelah berdiskusi dengan Presiden Direktur Lion Group, ternyata bisnis penerbangan udara tidak mudah. Makanya, ia menuturkan ini adalah berkah luar biasa bagi Kaltim dan Berau, dengan adanya rute penerbangan baru tersebut. 

Ia melanjutkan di Kaltim mungkin satu-satunya daerah di luar Pulau Jawa yang memiliki tiga bandara. Yaitu Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan, Bandara APT Pranoto Samarinda dan Bandara Kalimarau Berau. 

BACA JUGA:Asyik, Super Air Jet Layani Penerbangan Berau-Surabaya Mulai Bulan Ini

“Insyaallah dengan tiga bandara yang ada, ke depan bisa menambah rute penerbangan dari Jawa ke Kaltim. Terima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang memfasilitasi terwujudnya rute penerbangan Surabaya-Berau ini,” imbuhnya.  

Ia pun berharap akan ada penambahan jalur atau rute penerbangan baru dari Berau ke daerah di luar Kaltim dan sebaliknya. Termasuk dari Berau ke Maratua. 

Presiden Direktur Lion Group Kapten Daniel Putut Kuncoro Adi mengungkapkan selain mendukung pengembangan pariwisata Kabupaten Berau, kedepannya juga untuk mempermudah fasilitas umroh ke tanah suci. 

BACA JUGA:Penerbangan Haji Kaltim Melonjak, Pertamina Siapkan 1.900 KL Avtur

“Kami dukung apa yang menjadi harapan Buapti Berau tentu juga menjadi harapan masyarakat Berau untuk rute baru lainnya, seperti Berau-Yogyakarta dan Berau-Makassar,” ungkap Kapten Daniel menjawab permintaan bupati dan masyarakat Berau terkait rute penerbangan baru selanjutnya di Bandara Kalimarau. 

Sebagai informasi maskapai Super Air Jet menggunakan pesawat jenis Airbus 320-200 dengan kapasitas 180 penumpang. Rute Surabaya-Berau berangkat dari Bandara Juanda  ke Bandara Kalimarau setiap hari pada pukul 15.30 Wib dan sebaliknya dari Berau-Surabaya pada pukul 18.50 Wita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: