Penerbangan Haji Kaltim Melonjak, Pertamina Siapkan 1.900 KL Avtur

Penerbangan Haji Kaltim Melonjak, Pertamina Siapkan 1.900 KL Avtur

Armada Garuda Indonesia yang digunakan untuk mengangkat jamaah haji dari Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. -(Disway Kaltim/ Chandra)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – PT Pertamina Patra Niaga Kalimantan Timur (Kaltim) bersiap sambut lonjakan jamaah haji untuk musim haji 2024. 

Dibandingkan tahun sebelumnya, Pertamina Patra Niaga memprediksikan akan terjadi kenaikan sebesar 16 persen kebutuhan avtur untuk penerbangan haji di wilayah ini. 

Hal tersebut disampaikan oleh Area Manager Communication, Relations & CSR Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra.

"Pertamina memproyeksikan kebutuhan avtur mencapai 1.900 Kiloliter (KL) selama musim haji 2024," ujar Arya.

BACA JUGA: Pj Gubernur Lepas Calon Jamaah Haji Kloter Pertama, Makanan Khas Kaltim Jadi Bekal 

Jumlah tersebut, lanjutnya, akan terbagi dalam dua fase, yaitu fase keberangkatan yang dimulai pada 14 Mei 2024 dan fase kepulangan hingga 21 Juli 2024.

Arya juga menjelaskan bahwa avtur tersebut akan disalurkan kepada maskapai Garuda Indonesia yang akan memberangkatkan lebih dari 6.000 jamaah haji dalam 19 kloter dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS), Balikpapan.

BACA JUGA: Kloter Pertama Jamaah Haji Embarkasi Balikpapan Terbang ke Tanah Suci

Untuk mengantisipasi lonjakan ini, kata Arya, Pertamina telah mempersiapkan AFT Sepinggan dengan 7 unit refueller yang terdiri dari 3 unit berkapasitas 40 KL dan 4 unit berkapasitas 25 KL. Selanjutnya 3 tangki vertikal masing-masing 500 KL dan 47 personel yang siap siaga.

"Stok avtur di AFT Sepinggan saat ini aman dan Pertamina Patra Niaga memastikan penyaluran ke maskapai haji akan berjalan lancar," tambahnya. 

BACA JUGA: Lepas Kloter Pertama Jamaah Haji Indonesia, Menag Yaqut: Jangan Selipkan Niat Lain!

Di samping itu, pihaknya juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji kepada seluruh calon jamaah, dan mendoakan semoga menjadi haji mabrur.

Selain itu, untuk memastikan informasi kepada masyarakat berjalan optimal, Pertamina membuka jalur komunikasi melalui kontak Pertamina 135 atau aplikasi MyPertamina

"Kami berkomitmen untuk memastikan ketersediaan energi bagi masyarakat terpenuhi selama musim haji 2024 ini," jelas Arya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: