Pj Gubernur Lepas Calon Jamaah Haji Kloter Pertama, Makanan Khas Kaltim Jadi Bekal

Pj Gubernur Lepas Calon Jamaah Haji Kloter Pertama, Makanan Khas Kaltim Jadi Bekal

Para Calon Jemaah Haji kloter pertama dari Embarkasi Balikpapan. -chandra/disway-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Sebanyak 324 calon jamaah haji (CJH) kloter pertama dari Embarkasi Balikpapan diberangkatkan pada hari ini, Selasa 14 Mei 2024 oleh Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik.

Dalam sambutannya, Akmal Malik menyampaikan rasa syukurnya dan turut berbahagia atas penyelenggaraan haji 2024 ini berjalan dengan lancar, dengan memberangkatkan para Calon Jamaah haji melalui Embarkasi Balikpapan.

“Secara keseluruhan, terdapat 213.325 CJH yang dijadwalkan berangkat pada penyelenggaraan haji tahun ini. Dari jumlah tersebut, 6.300 CJH diberangkatkan dari Embarkasi Balikpapan dan kloter pertama ini mengantarkan sebanyak 324 CJH,” ujar Akmal Malik.

Ia juga menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Provinsi pun turut mendoakan semoga calon-calon jamaah haji yang berangkat dari embarkasi haji ini selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. 

BACA JUGA:Lepas Kloter Pertama Jamaah Haji Indonesia, Menag Yaqut: Jangan Selipkan Niat Lain!

“Semoga menjadi haji yang mabrur,” tambahnya.

Akmal Malik pun mengingatkan bahwa ibadah haji ini bukan merupakan ibadah biasa, sehingga dibutuhkan kesehatan fisik dan mental yang prima.  Ia berpesan kepada CJH untuk menjaga nama baik daerah dan negara selama berada di Tanah Suci. Termasuk mendoakan keberadaan IKN agar tetap berjalan dengan baik. 

Disamping itu, sebagai bentuk dukungan dan dalam rangka memajukan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), Pemprov Kaltim pun membekali para CJH dengan makanan khas Kaltim. 

Maka dari itu pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kaltim, untuk membekali calon jamaah ini dengan makanan khasnya, salah satunya abon. 

"Kalau enak, sampaikan kepada orang lain. Kalau tidak enak, sampaikan pada kami. Artinya apa, ini kesempatan bagi kami untuk mempromosikan apa yang menjadi kebanggaan kita di Kaltim,” ujar Akmal.

Akmal Malik berharap CJH dapat memanfaatkan momen ini untuk mempromosikan UMKM Kaltim kepada para jamaah haji dari daerah lain.

BACA JUGA:Menteri Agama Datangkan 70 Ton Bumbu Makanan dari Indonesia untuk Jamaah Haji

"Kami berikan dulu abon. Tolong di promosikan. Untuk jamaah Kaltim free (gratis)," pungkasnya.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Balikpapan yang sekaligus mewakili Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur, Mohlis, menyatakan bahwa Calon Jamaah Haji yang diberangkatkan dari Embarkasi Balikpapan ini, selain dari Provinsi Kaltim, juga dari provinsi lain seperti Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: