Kloter Pertama Jamaah Haji Embarkasi Balikpapan Terbang ke Tanah Suci

Kloter Pertama Jamaah Haji Embarkasi Balikpapan Terbang ke Tanah Suci

Suasana pemberangkatan jamaah haji kloter pertama dari Embarkasi Haji Balikpapan, di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, pada Selasa (14/5/2024) malam.-(Disway Kaltim/ Chandra)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Kloter pertama calon jamaah haji dari Embarkasi Haji Balikpapan, telah diberangkatkan dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan pada Selasa (14/5/2024) sekitar pukul 21.00 Wita.

Dimana 319 calon jamaah itu terpantau tiba di landasan Bandara SAMS sekitar pukul 19.20 Wita, dengan menaiki Bus Damri dari Embarkasi Haji Balikpapan

Pengamatan di lapangan, sebagian dari calon jamaah haji tersebut dibantu menggunakan kursi roda yang disediakan petugas bandara, saat turun dari bus menuju pesawat.

BACA JUGA: Pj Gubernur Lepas Calon Jamaah Haji Kloter Pertama, Makanan Khas Kaltim Jadi Bekal 

General Manager Angkasa Pura I Cabang Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Ahmad Syaugi Syahab menjelaskan, persiapan untuk keberangkatan kloter pertama haji ini sudah dilakukan sejak bulan lalu. 

"Beberapa persiapan kami di antaranya memindahkan mesin X-ray, menyiapkan personel dan membentuk panitia haji untuk memastikan kelancaran proses keberangkatan jamaah," ujar Syaugi pada awak media.

BACA JUGA: Lepas Kloter Pertama Jamaah Haji Indonesia, Menag Yaqut: Jangan Selipkan Niat Lain!

Di samping itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan maskapai Garuda Indonesia dan Damri untuk memastikan kelancaran transportasi jamaah. 

"Kami juga telah memperbaiki runway bandara untuk memastikan kelancaran penerbangan," tambah Syaugi.

Kloter pertama jamaah haji dari Balikpapan ini, lanjut Syaugi, diterbangkan menggunakan pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus seri A330.

BACA JUGA: Menteri Agama Datangkan 70 Ton Bumbu Makanan dari Indonesia untuk Jamaah Haji 

Pesawat ini akan terlebih dahulu transit di Medan sebelum melanjutkan penerbangan langsung ke Madinah.

"Estimasi waktu tempuh penerbangan adalah sekitar 9 jam," tandas Syahab.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh, H Mohlis menambahkan bahwa keberangkatan jamaah haji didampingi lima petugas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: