Novel: Layanan Kesehatan Harus Bisa Diakses Semua Warga Negara

Novel: Layanan Kesehatan Harus Bisa Diakses Semua Warga Negara

Anggota DPRD Kutim Novel Tyty Paembonan.--


Banner DPRD Kutim.-

KUTIM, NOMORSATUKALTIM – Layanan kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kutai Timur Novel Tyty Paembonan  mengingatkan pemerintah agar hal ini benar-benar dirasakan masyarakat.

Karena itu, pentingnya sosialisasi yang efektif terkait BPJS Kesehatan gratis harus benar-benar dilakukan dengan baik.

"Saya ingatkan kepada pemerintah, termasuk kepada teknisnya langsung seperti Dinas Sosial, coba ketika misalnya ada fasilitas pemerintah seperti BPJS Kesehatan gratis, itu benar-benar disosialisasikan benar-benar mengakar sampai ke bawah," ujarnya, belum lama ini.

Novel menyarankan bahwa jika pemerintah tidak memiliki waktu untuk menyosialisasikan langsung, dapat dilakukan melalui rukun tetangga (RT).

"Kalau tidak sempat langsung kan bisa melalui RT. Paling tidak Dinas Sosial yang tidak mampu kan tinggal panggil masing-masing camat-nya, nanti camat yang memanggil masing-masing RT untuk menyosialisasikan di masing-masing desa," tambahnya.

Ia menyoroti kondisi di mana masyarakat mungkin sakit tiba-tiba dan dirawat, namun mereka tidak mengetahui tentang adanya fasilitas BPJS Kesehatan gratis dari pemerintah.

"Bagaimana kalau masyarakat tiba-tiba sakit dan dirawat tapi masyarakat tidak tahu kalau ada fasilitas BPJS dari pemerintah?" tanyanya.

Novel menekankan bahwa jika anggaran untuk jaminan kesehatan terbatas, pemerintah harus menambahnya. "Kalaupun anggarannya kurang, maka kita akan tambah. Intinya, kita harus benar-benar memberikan jaminan layanan kesehatan itu bagi warga yang tidak mampu dengan uang rakyat," jelasnya.

Menurutnya, akses terhadap layanan kesehatan harus lah menjadi hak setiap warga negara, terutama mereka yang tidak mampu secara finansial.

"Kesehatan adalah hak asasi manusia. Oleh karena itu, layanan kesehatan harus dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat, tanpa terkecuali," tambahnya.

Dia juga menegaskan bahwa upaya untuk meningkatkan kesadaran akan jaminan kesehatan harus terus dilakukan.

"Sosialisasi dan edukasi tentang jaminan kesehatan harus berkelanjutan dan terus-menerus dilakukan. Kita harus memastikan bahwa setiap warga tahu hak-hak mereka terkait dengan kesehatan," tegasnya.

"Saya harap setiap warga Kutai Timur dapat memperoleh akses yang mudah dan merata terhadap layanan kesehatan yang berkualitas, sesuai dengan prinsip dasar dari program jaminan kesehatan," harapnya. (*/adv/one)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: