Periksa Kembali Jadwal Penerbangan Anda! 7 Bandara Ditutup Sementara akibat Erupsi Gunung Ruang

Periksa Kembali Jadwal Penerbangan Anda! 7 Bandara Ditutup Sementara akibat Erupsi Gunung Ruang

Debu vulkanik yang disemburkan oleh Gunung Ruang terlihat menutupi permukaan kendaraan yang diparkir di Bandara Sam Ratulangi, Manado.-(Foto/Antara)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Bagi Anda yang hari ini sedang merencanakan perjalanan menggunakan pesawat terbang. Sebaiknya pastikan rute perjalanan Anda tidak melalui tujuh bandara ini. 

Pasalnya, Notice to Airmen (NOTAM) dikeluarkan oleh AirNav Indonesia menyatakan penutupan sementara tujuh bandara di wilayah Sulawesi, sehubungan dengan aktivitas Gunung Ruang yang meningkat. 

Gunung Ruang yang terletak di Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) terpantau mengalami erupsi pada Selasa (30/4/2024), pukul 01.30 Wita.

BACA JUGA: Hak Atas Tanah Ancam Masyarakat Adat Sekitar IKN, Akademisi Desak Solusi Multi-Perspektif

Hasil pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tinggi letusan mencapai kurang lebih 2.000 meter dan arah sebarannya menuju utara.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Hermana Soegijantoro menyatakan, berdasarkan data sementara pihaknya, tercatat total 50 penerbangan terdampak oleh kejadian ini.

"Total 50 penerbangan yang terdampak di tujuh bandara tersebut, yaitu 25 keberangkatan dan 25 kedatangan, dengan jumlah penumpang sekitar 3.842 pax," kata Hermana dalam keterangan tertulis, Rabu (5/1/2024).

BACA JUGA: DKI Jakarta Bekukan 92 Ribu NIK Warganya yang Tinggal di Luar Daerah, Apakah itu Termasuk Anda?

Menurutnya, AirNav Indonesia akan terus memonitor dan bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait untuk informasi ter-update dan dampak erupsi Gunung Ruang untuk keselamatan dan keamanan penerbangan.


Gunung Ruang yang terletak di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara kembali mengalami erupsi pada Selasa (30/4/2024) dini hari.-(Foto/Antara)-

Gunung Ruang Meletus Lagi

14 hari pasca erupsi pertama, Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro kembali meletus pada Selasa (30/4/2024) dini hari, sekitar pukul 01.30 Wita.

Warga Tagulandang mengatakan bahwa erupsi kali ini lebih dahsyat dibanding letusan sebelumnya.

BACA JUGA: Bandara SAMS Balikpapan Berstatus Internasional, InJourney Airports Sambut Positif Kebijakan Pemerintah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: