DPRD Berau Dorong Pembangunan Balai Latihan Kerja untuk Tingkatkan Kemampuan SDM

DPRD Berau Dorong Pembangunan Balai Latihan Kerja untuk Tingkatkan Kemampuan SDM

Anggota Komisi III DPRD Berau, Sakirman.-Disway Kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Anggota Komisi III DPRD Berau, Sakirman mengatakan, Kabupaten Berau belum memiliki Balai Latihan Kerja (BLK). Meski keberadaannya dianggap sangat penting. Menurutnya, BLK merupakan sarana penunjang untuk mengurangi angka pengangguran di Bumi Batiwakkal.

 

“Kita di Berau ini, ketika perusahaan menganggap kita tidak mempunyai skill mereka mengambil orang luar," katanya, Minggu (17/3/2024).

 

BACA JUGA : Kawal Usulan Formasi, Bupati Berau Hadir Langsung di Rakornas Persiapan Pengadaan ASN

 

Dikatakannya, BLK bisa menjadi solusi yang jelas. Dan DPRD pasti akan mensupport dalam pembahasan. Pembahasan tentang BLK pada tahun 2024 ini belum tuntas.

"Soal lahan untuk BLK ini sudah disiapkan Pemkab Berau, kami akan coba push di pembahasan tahun 2025. Target kita harus sudah ada progres,” ujarnya.

 

BACA JUGA : DPRD Berau Dorong Pemkab Membantu BUMK Dapatkan Izin Edar dan Legalitas

 

Sebagai informasi, pembangunan BLK masuk dalam salah satu dari 18 program Bupati Berau Sri Juniarsih Mas dan Wakil Bupati Gamalis.

“Dengan program inilah kita bisa mewujudkan anak-anak kita yang tidak lanjut ke jenjang sekolah yang lebih tinggi paling tidak mereka sudah punya skill yang dibina BLK,” ucapnya.

 

BACA JUGA : Mulai Bulan April Pemprov Kaltim Kembali Buka Lowongan CPNS dan PPK 2024, Segini Besaran Kuotanya

 

Menurutnya, setiap tahun Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinaskertrans) Berau sudah memiliki anggaran untuk menunjang anak didik calon tenaga kerja lokal, dengan memberikan pelatihan mekanik, pengelasan dan lain sebagainya. Namun, sangat disayangkan lokasi BLK berada di Samarinda dan Balikpapan, sehingga biaya pembinaan SDM Berau butuh banyak biaya.

“Untuk membina paling kecil hanya beberapa orang yaitu 16-20 orang ditambah lagi dengan kegiatan lainnya,” katanya.

 

BACA JUGA : Wujudkan Kemandirian Ekonomi PT Berau Coal dan PT Riset Perkebunan Nusantara Bertekat Kembangkan Potensi Kakao

 

Dirinya berharap dukungan pemerintah kabupaten untuk mempercepat adanya BLK Berau, agar sumber daya manusia Berau memiliki lisensi dan sertifikasi.

“Dari kegiatan BLK itu, SDM layak untuk melaksanakan kegiatan di perusahaan, jadi kita harus support itu,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: