BUMA Bekali Pelatihan Digitalisasi Aparatur Kampung

BUMA Bekali Pelatihan Digitalisasi Aparatur Kampung

Pelatihan digitalisasi yang diikuti aparatur kampung oleh BUMA.-istimewa-

“Pelayanan prima maksudnya (pelayanan) yang didukung sarana prasarana sesuai perkembangan zaman termasuk IT. Kebutuhan terhadap digitalisasi sangat diperlukan untuk pelayanan. Pelatihan ini adalah solusi yang diberikan BUMA untuk peningkatan SDM tersebut,” sambungnya.

Via Ervina adalah peserta terbaik dalam pelatihan ini. Pegawai di Kelurahan Gunung Tabur itu mengucapkan terima kasih kepada BUMA dan seluruh pihak atas terselenggaranya program tersebut. Pelatihan selama tiga bulan disebut telah menambah ilmu dan wawasannya di dunia teknologi informasi.

“Banyak trik yang diajarkan seperti untuk Ms Office. Saya bisa menghemat waktu bekerja (setelah mengetahui trik tersebut),” tuturnya. 

Via menambahkan, pelatihan sempat menemui beberapa kendala. Jaringan internet di wilayahnya kadang tidak stabil terutama ketika mati lampu. Selebihnya, Via mengaku pelatihan ini berjalan lancar dan hasilnya sangat berguna.

Kembali ke Sunardi G Rajagukguk dari BUMA Lati, ia menjelaskan latar belakang kegiatan ini. Kecamatan Gunung Tabur sebagai wilayah lingkar tambang BUMA memiliki banyak potensi SDA dan SDM.

Satu di antaranya, sejumlah staf pemerintahan kampung dan kelurahan adalah generasi muda yang bisa menguasai teknologi informasi. 

“Pelatihan digitalitasi ini juga selaras dengan program Kementerian Komunikasi dan Informatika yang berkolaborasi dengan Kementerian Desa,” jelasnya. Kedua kementerian itu memang tengah mengadakan percepatan penyebaran informasi desa/kelurahan dalam mendukung pembangunan desa/kelurahan.

Program serupa juga telah dijalankan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim. Percepatan pembangunan desa dilakukan melalui peningkatan kapasitas aparatur desa/kelurahan dalam menciptakan inovasi pelayanan melalui digitalisasi.

Pelatihan ini pun sejalan dengan program Pemkab Berau, dalam penyediaan infrastruktur akses internet gratis dalam bentuk wifi dan website layanan kelurahan/desa.

“BUMA terus peduli dan berkontribusi dalam pengembangan masyarakat kampung lingkar tambang. Program “Menuju Digitalisasi Kampung Lingkar Tambang BUMA Lati” ini sejalan dengan tujuan bekelanjutan atau SDG’s ke-18 Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif,” sambungnya. 

BUMA Lati juga mengucapkan terima kasih kepada Diskominfo Berau, Kecamatan Gunung Tabur, serta pemerintah kampung dan kelurahan di lingkar tambang perusahaan. Kegiatan ini berjalan lancar atas dukungan seluruh pihak. 

“Kami memohon maaf sebesar-besarnya apabila masih memiliki banyak kekurangan, baik dalam program ini maupun pada momen-momen lainnya,” tutup Sunardi G Rajagukguk.

Sementara itu Kepala Diskominfo Berau, Didi Rahmadi, mengaku pihaknya mendukung kegiatan tersebut, sekaligus mengucapkan terima kasih kepada BUMA Lati, yang telah memberikan literasi digital kepada perwakilan kampung.

Diharapkannya, kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan, dengan sebaran yang lebih luas, agar pelayanan administrasi pemerintahan akan semakin cepat. Khususnya di dalam mendukung digitalisasi pemerintahan. Juga dapat diikuti oleh perusahaan lainnya.

"Sehingga diharapkan, aparat kampung dapat memberikan pelayanan yang cepat dan tepat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: