Hasil Pleno Tingkat Kabupaten, Daftar 30 Nama Bakal Anggota DPRD Paser Terpilih Periode 2024-2029

Hasil Pleno Tingkat Kabupaten, Daftar 30 Nama Bakal Anggota DPRD Paser Terpilih Periode 2024-2029

Plt Ketua KPU Kabupaten Paser, Muhammad Makbul ditemui usai pleno tingkat kabupaten di Hotel Kyriad Sadurengas, Tanah Grogot. -(Disway Kaltim/ Awal)-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser rampung menggelar pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 selama dua hari.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU Kabupaten Paser, Muhammad Makbul mengatakan, penetapan anggota DPRD terpilih dilaksanakan setelah pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat nasional.

BACA JUGA: Polda Kaltim Lepas 9 Petani PPU yang Disebut Halangi Proyek Bandara VVIP IKN

"Tingkat nasional itu paling lambat 20 Maret," kata Makbul, ditemui usai pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Hotel Kyriad Sadurengas, Kecamatan Tanah Grogot, Minggu (3/3/2024) malam.

Namun dengan catatan, penetapan bakal anggota DPRD Kabupaten Paser terpilih dapat dilaksanakan jika tidak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). 

BACA JUGA: Suara PSI Naik Jadi 3 Persen, Grace Natalie: Kenapa yang Disorot Hanya PSI?

"Kalau ada (gugatan) di MK menunggu proses selesai dulu, kemudian baru kita tetapkan menunggu surat keputusan dari KPU RI," jelasnya.

Pelaksanaan pleno terbuka tingkat kabupaten dilaksanakan pada Sabtu (2/3/2024) hingga Minggu (3/3/2024). 

Pleno sempat berjalan alot dan banjir intrupsi dari saksi partai politik. Meski begitu, ia meyakini tak ada calon legislatif (caleg) yang mengajukan gugatan ke MK.

BACA JUGA: Andi Harun Lantik Pengurus PAGARI, Minta Paguyuban Tak Terlibat Politik Praktis

"Dari gambaran (selama pleno) sekarang belum terlihat, karena selama pleno tingkat kabupaten Alhamdulillah berjalan aman, dan tidak ada gejolak-gejolak yang potensi untuk ada gugatan. Mudahan enggak ada, tapi tidak tahu nanti," tutup Makbul.

Peta politik hingga raihan kursi DPRD Paser besar kemungkinan banyak diisi wajah baru untuk periode 2024-2029. 

Mengacu pada hasil pleno terbuka tingkat kabupaten yang dihimpun awak media ini, diketahui terdapat 23 petahana bersaing. Namun 12 di antaranya diperkirakan tumbang.

BACA JUGA: Aparat TNI-POLRI Jaga Ketat Rapat Pleno Tingkat Samarinda, Kapolres Siagakan 500 Personel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: