Andi Harun Lantik Pengurus PAGARI, Minta Paguyuban Tak Terlibat Politik Praktis

Andi Harun Lantik Pengurus PAGARI, Minta Paguyuban Tak Terlibat Politik Praktis

Ali Zubaid (kiri) menerima langsung bendera pataka dari Andi Harun (kanan) sebagai tanda resminya kepengurusan PAGARI.(Sammy Laurens/Disway)--

Samarinda, Nomorsatukaltim.disway.id - Wali Kota Samarinda Andi Harun resmi melantik pengurus Paguyuban Keluarga Kediri (PAGARI) Kota Samarinda, Minggu (3/1/2024) di Gedung Pencak Silat Samarinda. Agenda yang dihadiri ratusan warga Samarinda yang berasal dari Kediri Jawa Timur ini, menjadi saksi pelantikan pengurus PAGARI yang dipercaya dipimpin oleh Ali Zubaid.

Wali Kota Samarinda Andi Harun menyampaikan bahwa ia menyarankan keberadaan paguyuban di Samarinda ini tidak lagi dibentuk atas dasar kepentingan politik tertentu. Melainkan menjadi wadah kegiatan sosial kemasyarakatan dalam rangka membangun kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik.

"Bukan berarti mereka tidak boleh berpolitik, tetapi ketika mereka ikut andil dalam merespon isu-isu politik seperti kemiskinan, pembangunan infrastruktur, ekonomi, dan berbagai sektor lain sangat dibolehkan sebatas memberi saran dan pandangan," paparnya ditemui usai agenda pelantikan.

Lebih lanjut politikus Partai Gerindra ini menyarankan bahwa khususnya bagi PAGARI kedepan lebih mengambil peran dalam memberikan pengayoman bagi warganya yang masih membutuhkan uluran tangan organisasi. Langkah-langkah ini dinilai lebih mulia, dibandingkan harus terlibat langsung dalam sejumlah agenda politik.

Menurutnya, memang di Kota Samarinda ini cukup beragam etnis dari berbagai daerah di Indonesia. Tapi ini menjadi salah satu kekayaan yang diperlukan dalam rangka membangun Kota Samarinda kedepan.

Sementara Itu Ketua PAGARI Samarinda, Ali Zubaid mengatakan bahwa tujuan dibentuknya PAGARI ini diharap sebagai wadah berkumpulnya dan berhimpunnya warga Samarinda keturunan Kediri yang akan ambil bagian dalam pembangunan Kota Samarinda.

"Kedepan kami akan mendaftarkan diri ke Kemenkumham dan Kesbangpol melegalkan keberadaan PAGARI di Samarinda. Sehingga bisa menjadi wadah berkarya bagi warga Samarinda keturunan Kediri," jelas Ali.

Lebih lanjut Penasehat PAGARI Kota Samarinda, Saefuddin Zuhri memberikan selamat untuk pengurus yang baru dilantik. "Saya berharap keberadaan PAGARI ini bisa menjadi wadah menyampaikan aspirasi warga Kediri dan bersinergi bersama pemerintah membangun Kota Samarinda menjadi lebih baik," singkatnya. (Sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: