Tuan Rumah Porprov Kaltim 2026, Paser Alokasikan Anggaran Rp47 Miliar untuk Rehab hingga Bangun Venue

Tuan Rumah Porprov Kaltim 2026, Paser Alokasikan Anggaran Rp47 Miliar untuk Rehab hingga Bangun Venue

GOR bulutangkis salah satu venue yang akan direhab jelang Porprov Kaltim 2026. (Awal/Disway)--

PASER, NOMORSATUKALTIM - Selaku tuan rumah pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke VIII Kaltim 2026 mendatang, persiapan akan peningkatan kapasitas venue menjadi Pekerjaan Rumah (PR) Pemerintah Kabupaten Paser.

Pada tahun ini, Pemkab Paser mengalokasikan Rp57 miliar untuk renovasi dan pembangunan venue. Dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Paser 2024.

Setidaknya terdapat 9 venue yang direnovasi maupun dilakukan pembangunan. Yakni GOR bulutangkis dengan anggaran Rp10 miliar, pembangunan GOR tenis meja Rp4 miliar, dayung Rp4,5 miliar, rehabilitasi Stadion Sadurengas Rp14,5 miliar, atletik Rp7 miliar.

Kemudian sirkuit road race tahap awal pematangan lahan Rp3 miliar, sarana pendukung Stadion Sadurengas Rp5 miliar, sepatu roda Rp7 miliar, dan pencak silat Rp2 miliar.

"Bahkan sebelum ditunjuk sebagai tuan rumah kami sudah melakukan perkembangan kapasitas daya saing keolahragaan," kata Bupati Paser, Fahmi Fadli, Minggu (25/2/2024).

Masih tahun ini juga akan dilanjutkan pembangunan lapangan panahan, pematangan lahan sarana olahraga RT 4 Desa Tapis, rehabilitasi kolam renang Tirta Kandilo, lanjutan pembangunan GOR tenis meja, lanjutan pembangunan lapangan basket, pemasangan shuttle ban lintasan atletik, pembuatan sarana dan prasarana venue dayung di Gentung Temiang.

Serta peningkatan sarana prasarana arena balap motor komplek Stadion Sadurengas, rehab GOR bulutangkis, sarana prasarana Stadion Sadurengas hingga pembangunan musala komplek Stadion Sadurengas.

Momen Porprov Kaltim 2026 dikatakan Fahmi akan dijadikan promosi bagi seluruh peserta mengenai Kabupaten Paser. Ia menyebut Bumi Daya Taka terbuka buat siapa saja dan akan selalu aman dan nyaman untuk dikunjungi.

Untuk suksesnya Porprov Kaltim 2026 Kabupaten Paser membutuhkan dukungan moril dan materil dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim. Sekadar diketahui, ajang 4 tahunan itu nantinya 54 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

"Kami optimis seluruh cabor (Cabang olahraga) dapat dilaksanakan di Kabupaten Paser dengan dukungan penuh Pemprov dan KONI Kaltim," tutup Fahmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: